kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Didominasi Lansia, Calon Jamaah Haji Bulukumba Tertua Berusia 92 Tahun

banner 468x60

KabarSelatan.id — Sedikitnya 392 Calon Jemaah Haji (CJH) Bulukumba akan diberangkatkan menuju ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Uniknya, Pemberangkatan CJH kali ini didominasi dari kalangan Lanjut Usia (Lansia) sehingga Kementerian Agama Bulukumba berinisiatif mengusung tema "Ramah Lansia".

Pemprov Sulsel

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba Muhammad Yunus mengatakan sesuai tema, acara pelepasan seremonial CJH tahun ini dikurangi.

"Tahun ini banyak jamaah yang masuk kategori lanjut usia. Sehingga perlu untuk tetap menjaga kesehatan para jamaah," ucap Muhammad Yunus saat melepas CJH di Islamic Center Dato Tiro. Selasa, (23/5).

Rencananya, pemberangkatan para CJH ini akan dibagi menjadi 2 kloter sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Nantinya, Kloter pertama akan diberangkatkan pada tanggal 25 Mei 2023 sementara Kloter kedua akan berangkat pada 20 Juni 2023 mendatang," jelasnya.

Berdasarkan data keseluruhan calon jemaah yang akan berangkat terdapat jamaah tertua berusia 92 tahun dan jamaah termuda berusia 24 tahun,

Ia mengungkapkan sebelum ini pemberangkatan dilakukan, sebuah masalah timbul.

"Ada 10 CJH yang belum melunasi pembayaran karena meninggal dunia, hamil, sakit dan pindah domisili," ungkap Yunus.

Namum kata dia, hal kekosongan tersebut telah diisi kembali oleh 10 orang calon jemaah yang masuk dalam daftar tunggu.

Sementara Kasi Haji sekaligus petugas kloter pembimbing ibadah Abd Hakim berharap seluruh jemaah bisa menjalankan ibadah hajinya dengan baik, aman dan tertib sampai kembali ke tanah air.

"Semoga pemberangkatan jemah tahun ini utamanya lanjut usia bisa berlangsung lancar," singkatnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BAZNAS Bulukumba, yang juga menjadi Tim Petugas Haji Daerah Bulukumba, Kamaruddin mengaku akan berupaya melaksanakan tugas selama menjadi pendamping jemaah haji.

"Insya Allah kami akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tentunya kami memohon doa agar diberi kesehatan dan kelancaran dalam menunaikan tugas dan ibadah smpai kembali ketanah air," harapnya.

Sementara Wakil Bupati Bulukumba, A. Edy Manaf dalam sambutannya berpesan kepada seluruh jamaah agar terus meningkatkan keinginan untuk beribadah serta menjadikan moment haji ini sebagai kesempatan untuk membersihkan diri dari segala hal buruk yang ada.

Lebih lanjut, A. Edy juga meminta kepada seluruh petugas haji, untuk melakukan tugasnya dengan baik dan dengan kesabaran penuh selam mendampingi para jamaah.

"Jagaki kesehatanta, doakan keluargata dan doakan kami pemerintah kab bulukumba. Semoga para petugas dan jamaah menjadi haji yang mabrur," pungkasnya.

 

PDAM Makassar