kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Didepan Wisudawan, LLDIKTI Wil IX Sulselrabar Apresiasi Rektor Unifa

banner 468x60

KabarMakassar.com — LLDIKTI Wil IX Sulselrabar, Apresiasi Rektor Universitas Fajar Makassar beserta jajaran.

Hal ini disampaikan Kepala LLDIKTI Wil. IX yang diwakili Kabag Umum Syahruddin, ST., MM., dalam acara Rapat Terbuka Pimpinan Universitas Fajar dalam rangka wisuda XIX Magister, Sarjana dan Diploma UNIFA, Rabu (25/10), di Phinisi Room, Claro Hotel Makassar.

Pemprov Sulsel

Dr. Muliyadi Hamid, SE., M.Si mengatakan bahwa wisuda XIX ini, sebanyak 605 mahasiswa yang dikukuhkan sebagai wisudawan Unifa, terdiri dari 17 Alumni Program Pascasarjana, 579 Alumni dari Program Sarjana dan 9 orang Alumni dari Diploma.

“Total Alumni saat ini mencapai 5.651 Alumni yang kini telah bekerja di lapangan pengabdian di seluruh Indonesia, bahkan beberapa diantaranya bekerja di luar negeri,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa semester ganjil ini, Unifa telah menerima mahasiswa RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dan akan memulai perkuliahannya pada tanggal 28 Oktober mendatang.

Dimana, penyelenggaraan Program pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka secara mandiri telah memasuki semester keenam dan telah mengikutkan mahasiswa dalam MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek.

Hingga semester ini sebanyak 1548 mahasiswa telah berpartisipasi dalam kegiatan BKP MBKM yang diselenggarakan secara mandiri di Unifa.

“Sedangkan 230 mahasiswa telah mengikuti program MBKM yang diselenggarakan oleh kementerian Pendidikan,” bebernya.

Pada periode ini ada 4 orang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Mandiri, 1 orang mengikuti magang, dan 6 orang mengikuti studi independen. Sedangkan 402 mahasiswa mengikuti kegiatan MBKM mandiri melalui kegiatan KKNT, Magang dan Kewirausahaan.

“Pada semester ini juga ada sebanyak 119 mahasiswa inbound dari seluruh Indonesia sedang menempuh kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Unifa,” ucapnya.

Rektor Unifa juga menyebut bahwa tahun ini Unifa kembali memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka sebesar Rp. 3.621.545.000,- untuk 4 Program studi yakni S1 Akuntansi (2) dan Teknik Sipil (2), serta Institutional Support System (2) serta dua Prodi tahun pertama yakni Teknik Elektro dan Ilmu Komunikasi.

Selain itu, pada akhir tahun lalu Unifa juga memperoleh hibah untuk Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran dari Kemendikbud Ristek berupa seperangkat Perlengkapan pembelajaran Smart Class senilai Rp. 550.000.000,-. Dan kini Smart class tersebut sudah digunakan untuk berbagai kegiatan pembelajaran on-line.

Hibah penelitian dan Pengabdian pada masyarakat sebanyak Rp, 157.600.000, untuk 6 judul penelitian.

“Pada periode ini, dosen Unifa kembali mengusulkan 12 judul penelitian dan 7 judul pengabdian masyarakat yang sedang menunggu hasil penilaian dikti,” katanya.

Untuk mendukung implementasi MBKM internal, Unifa terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi. Priode ini jumlah kerjasama Perguruan Tinggi dan berbagai stakeholders yang berhasil ditandatangani adalah 12 MoU.

Menurutnya, berdasarkan hasil pelacakan alumni yang dilakukan oleh Carier Centre & Tracer Study selama tahun 2020/2022 untuk lulusan 2018-2021 telah terlacak sejumlah 1552 alumni dan  diperoleh data 72,54% alumni memperoleh pekerjaan paling lama 6 bulan setelah wisuda dan masih ada 27,46% melebihi waktu 6 bulan.

“Tingkat keselarasan horizontal jenis pekerjaan dengan program studi 80.07% dan keselarasan vertikal 89,01%. Adapun kategori jenis tempat bekerja alumni adalah organisasi internasional dan multi nasional sebesar 5,01%, organisasi nasional dan berwirausaha berizin sebesar 30%, dan sisanya usaha lokal dan berwirausaha tidak berizin. Tingkat pendapatan atau gaji pertama rata-rata sebesar Rp. 4.824.962,-,” katanya.

Bukan hanya itu, prestasi unifa juga terus ditorehkan terutama di bidang kemahasiswaan pada periode ini beberapa mahasiswa telah menorehkan prestasinya, yakni Irfan mahasiswa Prodi Hubungan Internasional sebagai Juara 1 Pemilihan Putera Kota Makassar tahun 2023, Alfirayanti dari Prodi Teknik Kimia Juara Umum pada ajang Kompetisi Sains Merdeka Indonesia dengan menyabet 2 medali emas (biologi & Kimia), satu medali Perak (Fisika), medali perunggu (Matematika).

Selain itu, Alfirayanti juga menyabet medali Emas bidang Kimia pada ajang Indonesian Youth Science Olympiade. & Juga memperoleh medali Perak bidang Matematika pada ajang kompetisi sains Indonesia.

Selanjutnya, Sofian Batara Maulana, Prodi Ilmu Komunikasi meraih Juara II Duta Kampus Sulsel, sekaligus mewakili Sulsel ke ajang nasional dan meraih juara ke-5 yang juga menjadi wisudawan pada kegiatan hari ini.

Wahyu Kurniawan, Prodi Ilmu Komunikasi Juara II Duta Lingkungan Hidup Kota Makassar tahun 2023, Aldrich Benedictus Parealla, Prodi Hubungan Internasional & Gea Annisa Destiana, Prodi Sastra Inggris, sebagai Juara III Debat Bahasa Inggris Mahasiswa Tingkat LLDIKITI IX tahun 2023 dan Sheila Putri Prijayani, Prodi Sastra Inggris terpilih sebagai Juri pada ajang National University Debating Championship (NUDC) 2023 Tingkat LLDIKITI IX.

Tidak hanya pencapaian dari mahasiswa, namun Unifa juga pada tahun ini memperoleh berbagai penghargaan atas beberapa prestasi yang dicapai, yakni peringkat 4 PTS terbaik se-LLDikti wil. IX versi lembaga pemeringkat PT dunia Webometrics pada bulan januari 2023. Dan peringkat 239 secara nasional untuk seluruh perguruan tinggi, termasuk PTN.

Anugerah LLDikti IX sebagai Perguruan Tinggi penerima izin menyelenggarakan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau, Anuegrah LLDIKTI IX sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana PKKM terbaik TA.2022 untuk LIGA 3, Anuegrah LLDIKTI IX sebagai Perguruan Tinggi Akademik dengan Kinerja Terbaik dalam Implementansi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Anugerah LLDIKTI IX sebagai PTS terbaik untuk Pimpinan Perguruan Tinggi yang inovatif, Anugerah LLDIKTI IX Untuk PTS dengan Guru Besar / Professor termuda, yakni Prof.Dr. Ir. Erniati Bachtiar, MT.

Selanjutnya, Anugerah dari Menteri Dikbud-Ristek sebagai Gold Winner Pengelola ISS–MBKM PKKM terbaik LIGA 3 Secara Nasional tahun 2022 dan Anugerah dari Menteri Dikbud Ristek sebagai Gold Winner sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Hibah PKKM LIGA 3 secara nasional tahun 2022.

PDAM Makassar