kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Diakui Dunia, Makassar Masuk Peringkat Teratas Smart City di Asia Tenggara

Diakui Dunia, Makassar Masuk Peringkat Teratas Smart City di Asia Tenggara
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berhasil membawa Kota Makassar masuk dalam daftar salah satu Smart City terbaik di Asia Tenggara.

Prestasi ini didasarkan pada hasil survei Smart City Indeks (SCI) 2024 yang dirilis oleh Institute Management and Development (IMD). Dalam survei ini Makassar menduduki peringkat ke-115 dari total 142 kota dunia yang disurvei.

Pemprov Sulsel

Hasil survei tersebut mengungkapkan beberapa aspek positif Kota Makassar, seperti kemudahan penjadwalan layanan kesehatan online, akses peluang kerja online, dan pembelian tiket angkutan umum secara online.

“Capaian ini memacu laju Pemerintah Kota Makassar untuk membangun Kota Makassar menjadi kota yang lebih modern, efisien, dan berdaya saing tinggi dengan memberikan pelayanan publik terbaik. Dan menjadi catatan kita untuk membenahi kekurangan-kekurangan berdasarkan survei tersebut,” ucap Danny, Minggu (5/5).

Meski demikian, survei juga menyoroti beberapa masalah yang perlu diperbaiki, seperti kemacetan lalu lintas, pengangguran, dan korupsi.

Menurutnya, prestasi ini menjadi tonggak bersejarah dalam visinya menjadikan Makassar sebagai Kota Dunia yang modern dan berdaya saing tinggi.

Ia menyebut, pencapaian ini sebagai dorongan untuk terus membangun Makassar menjadi kota yang lebih efisien dan berpelayanan publik terbaik.

“Sinergitas kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sebagai faktor kunci dalam mencapai transformasi Kota Makassar menuju Smart City,” lanjutnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismawaty Nur, menambahkan pihaknya terus mendorong implementasi program Smart City melalui berbagai inisiatif, seperti Homecare & Telemedicine, Pakinta E-Tax, Makassar Metaverse, MARVEC, dan Traffic Detection menggunakan AI.

PDAM Makassar