kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Dandim 1425 Jeneponto Tegaskan TNI Tetap Netral

Dandim 1425 Jeneponto Tegaskan TNI Tetap Netral
Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin saat berpidato dalam Apel Siaga Pemilu 2024 di Lapangan Passamaturukang. (Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komandan Kodim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Muhammad Amin bersama Forkopimda dan Instansi terkait mengikuti apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemungutan dan Penghitungan Suara di Lapangan Passamaturukang, Sabtu, (10/02).

Apel siaga yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) ini dilakukan dalam Rangka Pemilu serentak Tahun 2024.

Pemprov Sulsel

Selain itu, untuk mempersiapkan pengawasan selama masa tenang, pemungutan suara, dan penghitungan suara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, dimana masa tenang pemilu adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu.

Ketua Bawaslu Jeneponto Muhammad Alwi menyampaikan, Kunci sukses Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, tetapi tugas bersama seluruh Stakeholder terkait dan elemen masyarakat”, ucapnya saat memimpin Apel.

Sementara, Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, menyampaikan Kami unsur Forkopimda sudah berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas di Kabupaten Jeneponto ini.

“Kami berharap ke penyelenggara Pemilu dan seluruh Masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan menciptakan pemilu 2024 yang jujur, adil dan aman,” ujarnya.

Disisi lain, Letkol Inf. Muhammad Amin selaku Dandim 1425 Jeneponto menegaskan bahwa seluruh Prajurit TNI khususnya Kodim 1425 Jeneponto sudah berkomitmen untuk Netral.

“Kami tidak akan terlibat dalam politik praktis baik secara langsung ataupun tidak langsung,”tegas Dandim.

“Untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada TNI, Kami Kodim 1425 Jeneponto melalui Babinsa telah mendirikan Posko Pengaduan Netralitas TNI di seluruh Kantor Kelurahan/Desa di Kabupaten Jeneponto ini,” tegasnya.

Apabila ada yang ditemukan prajurit yang tidak netral, maka bisa langsung mengadu pada Posko yang telah kami dirikan” tandasnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, kepada seluruh Panitia penyelenggara Pemilu 2024 di Kabupaten Jeneponto agar l jangan ragu bertindak dalam mengawasi pemilu.

“Kami TNI, Polri siap mendukung mengamankan pemilu. Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga suasana kondusif selama masa kampanye dan minggu tenang serta memberikan kontribusi bagi kesuksesan Pemilu 2024.,” Pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat, menyampaikan pentingnya kerjasama antara TNI, Kepolisian, Bawaslu, dan semua pihak terkait untuk memastikan kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Jeneponto.

“Kami berharap agar pihak Bawaslu Jeneponto juga dapat memastikan pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada,” tutupnya.

PDAM Makassar