kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Dampak El Nino PLN Bakal Modifikasi Cuaca Melalui Tabur Garam

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid menerima kunjungan Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pinrang Jimmy Indra Baskara, Jumat (29/9) di ruang kerja Bupati Pinrang.

Manager PLN UP3 Pinrang Jimmy Indra Baskara menyampaikan kondisi suplai daya listrik untuk Kabupaten Pinrang yang juga ikut terdampak el-Nino selama beberapa bulan belakangan.

Pemprov Sulsel

Menurut Jimmy, hal ini diakibatkan debit air pada sungai saddang yang menjadi andalan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru ikut berkurang akibat El Nino.

Pihaknya juga akan melakukan modifikasi cuaca atau weather modification technology yang dapat berdampak positif mengingat saat ini terjadi musim kemarau yang berkepanjangan yang mengakibatkan potensi kebakaran lahan yang kering serta dampak buruk lainny.

"PT PLN (persero) akan mencoba melakukan rekayasa cuaca dengan melakukan Langkah tabur garam pada lapisan atmosfer menggunakan drone untuk menciptakan hujan buatan," katanya.

Pada kesempatan ini, Jimmy juga menyampaikan rencana PT PLN (Persero) untuk melakukan pemadaman listrik bergilir karena suplai daya listrik yang sulit terpenuhi jika tidak dilakukan pemadaman secara bergilir.

Sementara itu, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengungkapkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pinrang siap memberikan dukungan dan bantuan atas seluruh upaya PT PLN (Persero) dalam mencukupi kebutuhan listrik masyarakat Pinrang.

"Semoga upaya pemenuhan terhadap kebutuhan listrik masyarakat terus diupayakan karena listrik merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat dalam menunjang aktivitas mereka," kata Irwan Hamid.

Terkait upaya rekayasa cuaca, Bupati Irwan juga mengungkapkan dukungan dan berharap upaya ini sukses sehingga memenuhi kebutuhan debit air sebagai upaya peningkatan suplai listrik dari PLTA Bakaru.

PDAM Makassar