kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Civitas Akademika UIM Gelar Shalat Idul Adha di Pelataran Kampus

Civitas Akademika UIM Gelar Shalat Idul Adha di Pelataran Kampus
Civitas akademika dan warga sekitar Kampus Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali memadati pelataran untuk menggelar Sholat Idul Adha (Dok : Andini KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Civitas akademika dan warga sekitar Kampus Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali memadati pelataran untuk menggelar Sholat Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/06).

Sholat Idul Adha ini diikuti oleh seluruh civitas akademika UIM Al-Gazali, termasuk para pimpinan Yayasan, pimpinan universitas, dekan, dosen, staf, mahasiswa, serta masyarakat sekitar yang turut meramaikan suasana.

Pemprov Sulsel

Kegiatan Sholat Idul Adha yang dimulai pada pukul 06.30 WITA ini diawali dengan takbir bersama yang menggema di seluruh area kampus, menciptakan atmosfer yang khusyuk dan sakral.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha ini dipimpin oleh Imam, Dr. Musbaing sedangkan khatib pada Sholat Idul Adha tahun ini adalah Prof. Dr. Muhammadiyah Amin yang merupakan alumni Angkatan pertama dari Al-Gazali (UIM).

Dalam khutbahnya, Prof. Muhammadiyah Amin menyampaikan rasa syukur atas keberkahan limpah rahmat Allah SWT sehingga dapat beribadah di hari yang penuh berkah ini.

Ia menjelaskan jika Idul Fitri adalah hari penuh kemenangan setelah 30 hari berpuasa melawan hawa nafsu maka Idul Adha adalah menuju kemenangan ibadah haji ataupun melepaskan rasa angkuh dan kesombongan yang dimiliki manusia.

“Idul Adha adalah perayaan ibadah tertua di dunia dimana kita menuju kemenangan untuk melepaskan segala ismail-ismail kita sebagai pengorbanan kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Idul Adha kata dia merupakan momentum persatuan umat Islam khususnya di Baitullah dimana semua manusia bersatu dan berkumpul menunaikan ibadah haji tanpa melihat status sosial dan jabatan yang dimilikinya. Mereka saling berbaur dan disatukan dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

“Lewat informasi bahwa lebih dari 2 juta kaum muslimin dan 21 ribu diantaranya jemaah Indonesia yang berkumpul di Arafah untuk menunaikan ibadah haji di Mekah disana berkumpul dengan kondisi berbaur antara para status sosial tanpa dicemburui, mereka disatukan dengan satu tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT. Ibadah haji mendidik umat untuk hidup dalam kebersamaan maka ibadah kurban menumbuhkan kebiasaan untuk memberikan bantuan kepada orang lain dan menghilangkan sifat sombong dan angkuh dan tamak serakah,” pungkasnya.

Ia mengingatkan pentingnya semangat pengorbanan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS.

“Idul Adha adalah momen yang mengajarkan kita untuk selalu ikhlas dalam beramal dan berkorban demi kebaikan yang lebih besar. Mari kita jadikan hari ini sebagai refleksi atas pengorbanan yang telah kita lakukan, baik untuk keluarga, bangsa, maupun agama,” ujarnya dalam khutbahnya.

Setelah pelaksanaan sholat dan khutbah, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang diadakan di area yang telah disediakan oleh panitia.

Tahun ini, Universitas Islam Makassar Al-Gazali berhasil mengumpulkan 8 ekor sapi yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak, termasuk dari unsur yayasan, universitas, dan para dosen.

Ketua BPH Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar, Prof. Dr. A. Majdah M. Zain, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi antusiasme seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Saya sangat bangga dan bersyukur melihat semangat kebersamaan dan kepedulian dari seluruh civitas akademika UIM Al-Gazali. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana ibadah, tetapi juga sebagai wujud nyata dari implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Kegiatan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di UIM Al-Gazali ini menjadi agenda tahunan yang selalu dinantikan.

Selain sebagai bentuk perayaan hari besar Islam, kegiatan ini juga mempererat tali silaturahmi antar civitas akademika dan masyarakat sekitar.

PDAM Makassar