kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Cerita Ibu Tini, Bangkit dan Hidupi Tiga Anak Hingga Sarjana

banner 468x60

KabarMakassar.com — Cerita inspiratif datang dari Ibu Tini yang merupakan single parent dan membesarkan tiga anaknya melalui usaha UMKM fashion hingga lulus kuliah menjadi sarjana.

Ibu Tini memulai usahanya di bidang fashion sejak 20 tahun lalu dengan berjualan cakar sambil membesarkan ketiga anaknya.

Pemprov Sulsel

Diceritakan, Ibu Tini sehari-hari harus bolak balik pasar dan rumah untuk menyiapkan makanan untuk anaknya dan menjual pakaian di pasar.

"Saya kan ada masalah ekonomi jadi saya harus membesarkan tiga anak saya sendiri jadi saya itu setiap hari bolak balik rumah dan pasar," ungkapnya, Minggu (28/05).

Hingga pada akhirnya sebelum pandemi covid-19 Ibu Tini mengikuti salah satu pelatihan yang diadakan oleh Bank BRI.

Berkat pengalamannya menjual pakaian dan kemampuan menjahit yang dimilikinya, Ibu Tini lantas mendapatkan bantuan modal dana KUR dari Bank BRI.

"Alhamdulillah karena bantuan dari Bank BRI sudah tidak ada kendala, modal yang diberikan saya pakai mengembangkan usaha ini," sambungnya.

Hasilnya, Ibu Tini kini mampu mengembangkan usahanya dengan menjual pakaian yang didesainnya sendiri, produk kriya dan aksesoris yang dirangkainya.

Ibu Tini juga mempekerjakan dua orang tetangganya untuk membantunya memproduksi berbagai produk yang dipasarkan.

"Ada dua pekerja lepas yang membantu saya untuk memenuhi pesanan," ucapnya.

Hasil produksi Ibu Tini pun mulai dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia seperti ke Pulau Jawa dan Sulawesi.

Sejumlah produknya seperti aksesoris kalung banyak dikirim ke Toraja dan Pulau Jawa.

Omset yang diterimanya pun mulai dari Rp10 juta hingga Rp40 juta.

Berkat keberhasilannya, kini ketiga anaknya lulus dan menjadi sarjana.

"Alhamdulillah anak saya sekarang ketiganya sudah semua sarjana," pungkasnya.

Usaha yang berproduksi di Jalan Toddopuli itupun kini bisa ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Makassar dan di berbagai platform media sosial dengan brand "Angle Collection" yang dibanderol dengan harga yang terjangkau.

"Saya memasarkan produk di toko-toko oleh-oleh di Makassar dan juga sosial media seperti Instagram, What's up dan Facebook juga dari teman-teman mulut ke mulut," bebernya.

Ia pun mengucap terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Bank BRI yang telah membantunya bangkit dan memulihkan ekonomi keluarga.

Ia pun berharap semakin disupport dengan bimbingan pelatihan dan pameran untuk lebih mengembangkan usaha miliknya.

"Harapannya tentu Bank BRI kedepan terus mensupport kami dengan pelatihan-pelatihan dan bimbingan dan saya berterimakasih sekali telah dibantu selama ini," harapnya.

PDAM Makassar