kabarbursa.com
kabarbursa.com

Cek Fakta : Sri Mulyani Mencoblos di Amerika Serikat dan Beri Salam Satu Jari

Cek Fakta : Sri Mulyani Mencoblos di Amerika Serikat dan Beri Salam Satu Jari
(Foto : Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Foto Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, berkemeja putih dan mengacungkan salah satu telunjuknya yang terdapat noda tinta berwarna biru, beredar di media sosial Tiktok. Narasi dalam unggahan tersebut: Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA, salam satu jari. Kode alam semesta 01.

Benarkah Sri Mulyani mencoblos di Amerika Serikat dan menunjukkan salam satu jari sebagai bentuk dukungan ke pasangan capres-cawapres nomor urut 01?

Pemprov Sulsel

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Tempo memverifikasi klaim di atas dengan bantuan mesin pencarian google. Faktanya, foto tersebut adalah saat Sri Mulyani usai memberikan suara pada Pemilu 2019 lalu. Ia menunjukkan jari telunjuknya yang bertinta biru.

Foto yang hampir serupa pernah diunggah CNBC Indonesian pada 17 April 2019. Yakni momen ketika Sri Mulyani ditemui wartawan usai memberi suara di TPS 077, Bintaro, Selasa, 17 April 2019.

Dikutip dari Bisnis.com, Sri Mulyani Indrawati telah melakukan pencoblosan pada Pemilu serentak 2024 di TPS 73 Pondok Aren, Tangerang Selatan. Menkeu yang mengenakan kemeja hitam dan celana jeans itu, didampingi oleh suaminya, Tonny Sumartono.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, klaim Menkeu Sri Mulyani mencoblos di Amerika Serikat dan mengacungkan salam satu jari sebagai bentuk dukungan ke Paslon 01 adalahkeliru.

Faktanya, Sri Mulyani memberikan suara pada Pemilu 2024 di TPS 73 Pondok Aren, Tangerang Selatan.

PDAM Makassar