kabarbursa.com
kabarbursa.com

Cek Fakta : Hasil Survei Pilpres 2024 dari Guru Besar IPB

Cek Fakta : Hasil Survei Pilpres 2024 dari Guru Besar IPB
(Foto : Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Beredar hasil survei yang menampilkan persentase elektabilitas calon presiden-wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di 34 provinsi.

Sejumlah konten di media sosial menarasikan bahwa survei itu dibuat oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Didin S Damanhuri.

Pemprov Sulsel

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi itu tidak benar atau hoaks.

Hasil Cek Fakta

Konten berisi hasil survei Pilpres 2024 di 34 provinsi dari Guru Besar IPB ditemukan di akun TikTok ini, ini, ini, dan ini.

Hasil survei menampilkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, cenderung lebih tinggi dibandingkan paslon lainnya.

“Hasil survey independen guru besar IPB,” dikutip dari salah satu akun TikTok yang menggunggah konten hasil survei, pada Senin (12/2).

Kepala Biro Komunikasi IPB, Yatri Indah Kusumastuti mengatakan, Didin tidak pernah membuat survei apa pun terkait Pilpres 2024.

“Kami sampaikan bahwa Prof Didin Damanhuri tidak pernah membuat survei apa pun terkait paslon capres-cawapres,” kata Yatri kepada Kompas.com, Rabu (14/2).

Sementara, Didin membantah pernah membuat survei terkait Pilpres 2024.

“Maaf itu bukan dari saya, tapi dari kolega Prof Widi Agoes Pratikto dari ITS yang menurutnya, hasil riset internal tim independen. Beliau memang aktif bersama grupnya memantau. Saya hanya ikut memviralkan,” kata Didin, saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Didin, ia sempat mempertanyakan proses survei dan samplingnya tetapi tidak mendapat jawaban dari Widi.

Hingga Rabu (14/2/20240) siang, Widi belum memberikan tanggapan kepada Kompas.com.

Kesimpulan

Konten mengenai hasil survei Pilpres 2024 di 34 provinsi dari Guru Besar IPB merupakan narasi yang keliru.

Guru besar IPB Didin S Damanhuri menyatakan tidak pernah membuat survei terkait Pilpres 2024.

PDAM Makassar