kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Cegah Penyebaran Penyakit ASF, Bupati Torut Keluarkan Surat Edaran

banner 468x60

KabarMakassar.com — Untuk mencegah penyebaran penyakit African Swine Fever (ASF) berkembang ke wilayah Toraja Utara, Bupati Torut Yohanis Bassang keluarkan surat edaran berisi beberapa himbauan bagi masyarakat, Selasa (30/05) lalu.

Surat edaran tersebut di keluarkan  berdasarkan hasil investigasi dan uji laboratorium Balai Besar Veteriner Maros pada babi di wilayah Toraja Utara dengan nomor :338/0572/Pertanian.

Pemprov Sulsel

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang mengatakan bahwa Penyakit ASF sangat menular Pada ternak dengan angka kesakitan 100 persen dan angka kematian 100 persen.

Sehingga menimbulkan kerugian  ekonomi yang besar dan belum di temukan vaksin untuk mencegah  dan obat untuk mengbati penyakit ASF.

Melarang setiap perusahaan, pedagang, dan pemilik ternak babi untuk memasukkan dan mengeluarkan ternak babi dan produk olahannya dari dan ke Kabupaten Toraja Utara.

“Dihimbau kepada pemerintah setempat untuk melakukan pengawasan lalu lintas ternak babi antar kecamatan di wilayah Toraja Utara, Membersihkan diri setelah  kontak dengan hewan peliharaan, tidak membeli pakan babi yang berasal dari daerah yang positif ASF,” tulisnya.

Tidak menggunakan makanan sisa sebagai  makanan ternak babi,Memberikan pakan ternak yang bergizi dan vitamin tambahan dan mineral untuk memacu daya tahan ternak, Lurah dan Lembang melakukan pendataan terhadap kematian ternak babi di wilayahnya masing masing dan melaporkan ke instansi terkait.

PDAM Makassar