kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Cegah Konflik Penggunaan Air, P3A Dinas SDABK Pinrang Lakukan ini

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Setiap tahun di Kabupaten Pinrang, kerap terjadi konflik penggunaan air di antara para petani. Maka dari itu, mereka yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) mampu untuk meretas hal tersebut. 

Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, menyampaikan, jika konflik sosial, dalam hal ini pertengkaran dalam penggunaan air antara petani memang kerap terjadi. 

Pemprov Sulsel

“Apa lagi kalau ada petani yang tidak mengikuti jadwal musim tanam, pasti hal itu sangat mungkin untuk terjadi,” kata Husni Nakka, Rabu (2/8).

Husni bertutur, jika pihaknya intens melakukan pelatihan operasi dan pemeliharaan bagi para P3A di Kabupaten Pinrang, yang jumlah sekitar 600 orang dalam setahun. 

“Itu kan P3A di isi oleh para petani. Maka dari itu, mereka diharapkan mampu bermusyawarah dengan baik. Khususnya soal operasi penggunaan air. Supaya, pertengkaran penggunaan air bisa diretas,” bebernya. 

Namun tak sampai di situ saja, tambahnya, P3A pun pada dasarnya sebuah perkumpulan atau organisasi yang itu mendapat kucuran anggaran dari negara. Oleh sebab itu, upaya mandiri P3A juga didorong untuk menyelesaikan urusan irigasi skala kecil. 

“Misalnya saja, kalau ada irigasi yang lancar karena tersumbat sesuatu. Ada yang rusak dengan skala kecil, itu bisa P3A yang eksekusi. Jika irigasi yang rusak sudah skala besar, itu bisa dikoordinasikan dinas untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

PDAM Makassar