kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Cegah Hipertensi, Mahasiswa UINAM Sosialisasi Warga Tentang Brownies Wortel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar mensosialisasikan pembuatan brownies wortel kepada warga Desa Kanrepia, Kabupaten Gowa, Minggu (08/10).

Kegiatan sosialisasi dalam rangka Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) itu memberikan perhatian khusus pada upaya pencegahan masalah kesehatan kepada masyarakat khususnya dalam mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Pemprov Sulsel

Salah satu mahasiswa PBL, Firdha Darmayanti mengatakan sosialisasi pembuatan brownies berbahan dasar wortel menjadi upaya pencegahan hipertensi, sebagai salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh masyarakat Desa Kanrepia.

Para mahasiswa PBL juga menganalisis permasalahan kesehatan lain oleh para warga dan menciptakan solusi praktis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Selama kegiatan ini, kami berhasil menentukan prioritas masalah, merumuskan solusi bersama dengan masyarakat, dan mengembangkan perencanaan program serta kebijakan", ungkapnya, Senin (09/10).

Kegiatan PBL yang berlangsung dari tanggal 3-14 Oktober itu juga melakukan advokasi, menjalin kemitraan, dan memberdayakan masyarakat setempat dalam pelaksanaan program kerjanya.

Adapun sejumlah kegiatan yang telah dilakukan pada warga setempat diantaranya pemeriksaan kesehatan, pengecekan tekanan darah, cek hemoglobin, pengukuran tinggi badan dan berat badan, serta pemeriksaan garam beryodium.

Salah satu warga, Madi mengaku senang dengan kehadiran mahasiswa PBL yang membantu warga untuk lebih memerhatikan kesehatan dan memberikan masukan serta solusi permasalahan.

“Saya merasa senang dengan kehadiran mahasiswa yang berbeda dari KKN biasa, karena mereka kami mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pembelajaran yang bermanfaat”, pungkasnya. (Siti Hajar Fadhilah Rusdin).

PDAM Makassar