kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Catat DP4 98 Persen, KPU Bantaeng Optimis Data Coklit Selesai Tepat Waktu

Catat DP4 98 Persen, KPU Bantaeng Optimis Data Coklit Selesai Tepat Waktu
Ilustrasi KabarMakassar
banner 468x60

KabarMakassar.com — KPU Bantaeng, Sulawesi Selatan mencatat hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) hingga kini sudah mencapai 98,10 persen atau 150.949 dari daftar target 153.878 yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui KPU RI.

Dari target tersebut, KPU Bantaeng menyisakan 2.929 Daftar pemilih DP4 Potensial yang saat ini dikerjakan petugas Pantarlih di wilayah kerjanya masing masing.

Pemprov Sulsel

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Muhammad Saleh menjelaskan bahwa masa kerja Pantarlih adalah 1 bulan, dengan tenggang waktu yang tersisa 14 hari lagi.

“Jadi kami optimis proses coklit ini bisa selesai bahkan sebelum tgl 24 Juli 2024 yang menjadi batas masa kerja Pantarlih,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Selasa (10/7).

Saat ditanya soal kendala dimasa pencoklitan, Muhammad Saleh mengungkapkan jika kendala yang dialami oleh Pantarlih di Bantaeng hanya cuaca yang sering hujan.

“Sampai saat ini kendalanya hanya cuaca yang sering hujan. Selain itu alhamdulillah tidak ada kendala berat,”ungkapnya.

Selain itu, Dia menyampaikan bahwa Bawaslu Provinsi hadir di Bantaeng untuk mengawasi proses coklit yang dilakukan Pantarlih melalui Panwas Desa/Kelurahan.

“Bawaslu provinsi dan Kabupaten hanya melakukan monitoring uji petik yang dilakukan oleh PKD di tingkat desa,” tuturnya.

Adapun pengarahan dari Bawaslu Provinsi yaitu, bagaimana Pantarlih melaksanakan proses coklit sesuai dengan prosedur dan tatacara yang sudah diatur dalam PKPU.

“Agar tidak terjadi pelanggaran administrasi dan tidak ada penduduk yg punya hak pilih kehilangan hak pilihnya krn tidak tercoklit,” tutupnya.

PDAM Makassar