kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bus Shalawat Siap Layani 7.884 JCH Selama di Asrama Haji Makassar

Bus Shalawat Siap Layani 7.884 JCH Selama di Asrama Haji Makassar
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jamaah calon haji (JCH) sebentar lagi bakal masuk Asrama Haji Makassar, di Jalan Asrama Haji, Sudiang, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulsel.

Dari jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, JCH yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Makassar berasal dari Kota Makassar dengan jumlah jamaah sebanyak 442 orang.

Pemprov Sulsel

Mereka dijadwalkan tiba di asrama pada 11 Mei 2024.

Dalam musim haji ini, UPT Asrama Haji Makassar komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah.

Salah satu bentuk pelayanan yang disiapkan adalah armada Bus Shalawat.

Kepala UPT Asrama Haji Makassar, Zullkifly Hijaz, menjelaskan bahwa bus shalawat ini akan beroperasi selama 24 jam.

“Bus ini akan standby di area wisma jamaah. Jika tahun sebelumnya mereka harus berjalan kaki, kali ini kami menyediakan bus untuk memudahkan aktivitas beribadah jamaah, baik di masjid Asrama maupun selama melakukan aktivitas manasik haji,” ungkap Zul.

Ia menambahkan bahwa bus shalawat ini didesain serupa dengan yang akan melayani jamaah haji di Tanah Suci Mekkah.

Warna bus, kode nomor, dan corak stiker juga dipilih agar mirip dengan bus shalawat di Syisyah, Mekkah, yang melayani jemaah embarkasi Makassar (UPG).

“Layanan bus shalawat ini disiapkan untuk jamaah selama di Asrama Haji Makassar. Desain bus ini dibuat agar serupa dengan bus shalawat di Syisyah, Mekkah, sehingga nantinya jamaah tidak akan merasa asing ketika mereka sampai di Tanah Suci,” tambahnya.

Ada tiga unit bus shalawat yang telah disiapkan untuk melayani jemaah di Asrama Haji Makassar, dengan kapasitas 20 kursi dan satu kursi khusus untuk jemaah lansia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh Tonang, mengungkapkan bahwa UPT Asrama Haji telah melakukan persiapan matang untuk penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini.

“Salah satu persiapan yang kami apresiasi adalah penyiapan Bus Shalawat,” ujarnya usai gelar apel siaga di halaman Wisma Jabal Uhud Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, pada Jumat (10/5).

Tonang menyatakan bahwa bus shalawat ini akan melayani kebutuhan perjalanan jemaah selama berada di Asrama Haji, membawa mereka dari aula penerimaan ke wisma, dan dari wisma ke masjid atau aula pemberangkatan.

Diketahui, Sulsel pada tahun 2024 akan memberangkatkan 7.884 jemaah haji dari kuota awal sebanyak 7.272 jemaah. Penambahan tersebut berasal dari penambahan kuota sebanyak 468, optimalisasi kuota sebesar 64, dan selisih mutasi sebanyak 80 jemaah.

Total keseluruhan jemaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar dari delapan Provinsi sebanyak 16.669, terdiri dari 16.343 jemaah haji, 121 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 205 petugas PPIH Kloter.

PDAM Makassar