kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Bupati Wajo: Musrenbang Kecamatan, Tentukan Prioritas Pembangunan Daerah

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kecamatan di Kabupaten Wajo untuk tahun 2024 dan anggaran 2023 dimulai.

Diawali dari Kecamatan Sajoanging, Senin (20/2), yang dihadiri langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud. Pelaksanaan hari ini setelah dibuka secara serentak beberapa waktu lalu.

Pemprov Sulsel

Pada hari ini, musrenbang akan dilaksanakan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sajoanging pada pagi hari, Kecamatan Penrang pada siang hari, dan Kecamatan Majauleng pada malam hari. 

Amran Mahmud menyampaikan, pelaksanaan musrenbang dilakukan serentak dengan harapan tidak perlu menunggu kehadiran Bupati atau Wakil Bupati untuk membuka di kecamatan secara langsung.

"Kami sisa menyesuaikan apakah akan hadir di awal, ditengah, maupun diakhir dengan menyesuaikan kegiatan-kegiatan yang lainnya yang juga tidak bisa kita hindari," ujar Ketua DPD PAN Wajo ini. 

Dengan demikian, kata Amran, jika sudah berkumpul semua utusan dari desa dan kelurahan serta organisasi perangkat daerah (OPD) dari kabupaten, maka bisa langsung dimulai. 

Amran juga mengingatkan peserta untuk memahami bahwa musrenbang ini bukan hanya seremonial melainkan untuk menentukan prioritas pembangunan daerah Wajo 2024. 

Hal ini, lanjut Amran, mengingat kondisi keuangan atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terbatas, terlebih setelah dampak pandemi Covid-19 yang melanda secara global. 

"Silahkan manfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan usulan terkait berbagai program yang ada dan dibutuhkan masyarakat. Nanti ini yang akan diusulkan ke musrenbang tingkat kabupaten," harap kepala daerah bergelar doktor ini. 

Anggota DPRD Wajo, Asri Jaya Latif, berharap agar pengusulan program yang diajukan nantinya berorientasi pada prioritas dan berwawasan lingkungan. 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Wajo atas kolaborasinya selama ini terhadap pembangunan, khususnya di Kecamatan Sajoanging.

"Banyak hal yang sudah kami lakukan, kalaupun ada yang belum tuntas tentu kita akan upayakan di tahun-tahun berikutnya. Intinya, sampai saat ini saya masih bersama Pak Bupati," tuturnya. 

Acara ini turut dihadiri para kepala OPD Pemkab Wajo, Camat, Kapolsek, dan Danramil Sajoanging, serta jajaran instansi tingkat kecamatan, kepala desa/lurah, utusan desa/kelurahan, tokoh masyarakat maupun undangan lainnya.

PDAM Makassar