kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Bupati MYL Luncurkan Spot Rumah Gizi Pkk Target Turunkan Stunting

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemkab Pangkep secara masif melakukan berbagai upaya dalam menurunkan angka stunting. Salah satu dari langkah yang dilakukan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) dengan meresmikan Spot Rumah Gizi PKK dan dapur sehat atasi stunting (DASHAT) di kantor Desa Batara Jl. Poros Batiling Raya, Senin (26/6).

Pelayanan gizi pada kelompok resiko ibu hamil, balita gizi buruk, balita gizi kurang melalui pemberihan makanan tambahan (PMT) suplementasi dan pelayanan gizi lainnya, memberikan edukasi dan peningkatan kapasitas keluarga, pengasuh dan masyarakat, serta penguatan ketahanan pangan keluarga pemberdayaan perilaku hidup bersih dan sehat, serta kegiatan lainnya sesuai kondisi lokal menjadi fokus spot rumah gizi.

Pemprov Sulsel

Sedangkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) bertujuan untuk meningkatkan Kualitas gizi masyarakat melalui optimilisasi sumber daya pangan lokal dan rangka mempercepat penurunan stunting dengan kegiatan utama pemberian edukasi kepada ibu hamil.

PLH Kepala BKKBN Prov Sulsel Hj. Andi Rita Mariani memberikan selamat kepada Kabupaten Pangkep atas peluncuran Spot Rumah Gizi dan Dapur Sehat.

“Selamat kepada Ketua Tim PKK karna telah melauncing Spot Rumah Gizi dan DASHAT karena tidak semua Kabupaten telah melakasanakan ini,”ucapnya.

Bupati MYL mengatakan, peresmian rumah gizi PKK dan Dahsyat dapat mengeleminasi anak stunting.

Begitupun program kolaborasi semua pihak berjalan baik untuk penanganan stunting.

“Dan juga dari PKK ini kerjasama dengan organasi perempuan, BKKBN dan kader Posyandu desa kelurahan, makanan yang diolah bisa langsung masuk ke mulut anak stuntinhg,”katanya.

Peluncuran spot rumah gizi dan DAHSYAT ditandai dengan penguntingan pita dan pelepasan balon oleh bupati Pangkep yang didampingi PLH BKKN Prov Sulsel, Forkopimda, Sekertaris Daerah, wakil Ketua DPRD, ketua tim pengerak PKK, Camat, Lurah/Desa.

PDAM Makassar