kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bupati Budiman Serahkan Berbagai Bantuan Sektor Pertanian

banner 468x60

KabarLuwu.com — Penyerahan secara simbolis berbagai bantuan sektor pertanian dan ketahanan pangan tahun 2022 saat menghadiri Temu Wicara Monitoring dan Evaluasi Program oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lutim yang dilaksanakan di Kebun Holtikultura, Desa Balaikembang, Kecamatan Mangkutana, Selasa (20/12).

Sebelumnya penanaman pohon buah alpukat dan sekaligus memanen sayur dilakukan terlebih dahulu di lokasi tersebut, kemudian dilanjut dengan penyerahkan bantuan oleh Bupati Luwu Timur bersama unsur Forkopimda Lutim, diantaranya Ketua DPRD Lutim, Aripin, Kajari Lutim, Muh. Zubair, Perwira Penghubung, Mayor CBA Bachtiar, Wakapolres Lutim, Kompol Syamsul.

Pemprov Sulsel

Adapun bantuan yang diserahkan ialah di Bidang Perkebunan berupa kegiatan peremajaan tanaman kakao berupa sambung pucuk kakao 65.280 pohon, pupuk organik 80 ton, herbisida 400 liter kepada 5 kelompok tani di Wasuponda, bantuan alsintan pasca panen kopi (pengupas kulit kopi), bantuan alsintan pasca panen lada (mesin pemipil lada), dan bantuan sarana peremajaan sawit rakyat seluas 65,65 Ha terdiri dari bibit kelapa sawit 9.191 pohon, pupuk 42,6 ton dan pestisida 361 liter.

Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura berupa bibit lengkeng sebanyak 2.000 pohon kepada 33 orang petani dan seed cleener kepada IKB Padi Teromu.

Selanjutnya, Bantuan di bidang prasarana dan sarana pertanian berupa, Traktor roda 2 sebanyak 36 unit yang terdiri dari 34 unit bantuan APBD dan 2 unit APBN, dan bantuan cultivator sebanyak 3 unit.

Bantuan Bidang Ketahanan Pangan berupa lumbung pangan dan saranan pendukung lainnya kepada 2 Gapoktan dan bantuan pekarangan pangan lestari (p2L) kepada 4 kelompok wanita tani.

Kemudian bantuan di Bidang Peternakan berupa ternak sapi betina sebanyak 195 ekor. Selanjutnya bantuan program Rural Empowerment dan Agricultural (Readsi-Ifad) berupa infrastruktur sederhana berupa jaringan irigasi, dan bantuan alsintan sebanyak 6 kelompok tani.

Terakhir bantuan 1 unit mobil operasional gudang SRG Mangkutana kepada KSU Adhi Luwu selaku pengelola dan penyerahan buku rekening kepada keluarga penerima manfaat jaminan hidup lansia dan disabilitas.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan paket berbagi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur kepada setiap perwakilan dari 8 desa yang ada di Kecamatan Mangkutana.

“Untuk alsintan, mari kita jaga baik-baik. Peliharalah bantuan tersebut seakan-akan itu adalah milik kita, anggaplah bahwa kita sendiri yang membeli alsintan tersebut, Insha Allah Alsintan tersebut akan bertahan lama,” pesan Bupati.

Usai menyerahkan bantuan-bantuan, Bupati Budiman berharap dengan bantuan yang banyak yang baru saja diserahkan tadi ini, dapat bermaslahat atau mendatangkan kebaikan bagi kita semua.

“Mari kita saling mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan visi Pemerintah daerah yakni Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju berlandas nilai agama dan budaya,” tutupnya.

Kepada pengurus dan anggota kelompok tani selaku pelaku utama kegiatan sektor pertanian, Bupati mengungkapkan bahwa, bantuan pemerintah sesungguhnya hanyalah bersifat stimulan, sehingga yang telah mendapatkan bantuan-bantuan tersebut agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hadir pada kesempatan ini, Anggota DPRD Lutim, Made Sariana dan Suprianto, Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, para Camat, para Kepala Desa, para Tokoh Masyarakat, Agama, Wanita dan Pemuda, para Kepala BPP dan Penyuluh Pertanian, serta para Pengurus dan Anggota Kelompok Tani.

PDAM Makassar