kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bukan Hal Sepele, Berikut Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Bukan Hal Sepele, Berikut Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental dan Fisik
Ilustrasi perempuan yang sedang berlibur (Dok: INT)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Liburan menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk dilakukan. Bahkan liburan telah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang. Tidak hanya mumpuni dalam mengurangi stres akibat tekanan rutinitas kehidupan sehari-hari, liburan juga dipercaya sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang mampu mendatangkan manfaat yang positif bagi kesehatan.

Berkutat dengan aktivitas yang sama setiap harinya bisa menimbulkan kejenuhan. Hal tersebut juga dapat menimbulkan stres dan kelelahan bila tidak ditangani dengan baik.

Pemprov Sulsel

Apabila stres dibiarkan dan menjadi makin menumpuk juga dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Itu sebabnya, anda perlu meluangkan waktu sendiri maupun bersama teman atau keluarga untuk berlibur.

Berikut manfaat liburan yang baik bagi kesehatan mental dan fisik yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mencegah terserang penyakit
Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Imun yang buruk dapat membuat tubuh mudah terinfeksi patogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Dengan liburan maka akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri dan meredakan stres. Karenanya, manfaat berlibur bisa membantu menjaga sistem kekebalan dan mencegah terserang penyakit.

2. Buat hidup lebih lama
Sebuah riset dari International Journal of Environmental Research and Public Health, mengungkapkan bahwa liburan jangka pendek dapat mengurangi ketegangan dan stres, serta berdampak positif bagi kesejahteraan fisik dan mental.

Ketika stres berkurang, kesehatan tubuh secara menyeluruh turut meningkat sehingga bisa meminimalkan risiko anda mengidap berbagai gangguan kesehatan. Hal ini bermanfaat memperbesar peluang hidup lebih lama.

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Meluangkan waktu untuk liburan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika melakukan perjalanan, tubuh beradaptasi dengan lingkungan baru dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang dapat berbahaya bagi tubuh, nantinya antibodi yang di miliki akan siap melindungi tubuh dari patogen berbahaya tersebut.

Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, malah sebaliknya. Antibodi dalam tubuh akan dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Oleh karena itu, mereka yang kerap melakukan perjalanan memiliki tubuh yang tidak mudah terserang penyakit.

4. Tingkatkan produktivitas
Semua aktivitas liburan yang di sukai, seperti pergi ke pantai, mendaki gunung, hingga berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dapat membuat otak melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas pada hari biasa yang melelahkan.

Otak yang awalnya kusut dapat kembali jernih. Semangat pun akan meningkat selama liburan. Paduan kedua hal ini dapat membuat anda lebih semangat untuk bekerja setelah berlibur. Hal ini jugalah yang membuat produktivitas anda meningkat setelah liburan.

5. Tingkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang
Liburan membantu meningkatkan aktivitas fisik. Ketika berlibur, anda perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain sehingga anda akan berjalan kaki lebih banyak dari biasanya.

Apalagi jika anda memilih liburan dengan mendaki gunung, hal ini juga membantu membangun otot dan tulang serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. Turunkan risiko penyakit jantung
Manfaat lain dari liburan adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini terkait dengan manfaatnya dalam mengurangi stres. Stres yang berlebihan berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Dilansir dari situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah sehingga memperburuk penyakit jantung. Dengan mengurangi stres, risiko penyakit jantung bisa menurun. Ditambah dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik selama liburan, kesehatan jantung pun kian terjaga.

7. Mengurangi stress
Bekerja merupakan aktivitas yang paling sering menjadi pemicu stres. Hal ini wajar terjadi karena dalam seminggu, anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk melakukan aktivitas ini.

Liburan dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres akibat pekerjaan. Dengan berlibur, anda bisa mengistirahatkan diri sejenak dengan bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan. Selama liburan, anda juga dapat terkoneksi lebih leluasa dengan orang-orang yang anda sayangi.

8. Waktu untuk istirahat maksimal
Berdiam dan menenangkan diri di rumah dengan menyediakan waktu sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri pun juga bisa disebut sebagai liburan. Terutama bagi anda yang selama ini memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu tidur. Liburan dapat menjadi saat yang tepat untuk tidur dan beristirahat sepuasnya. Bagi anda yang ingin mencari suasana baru, staycation, atau liburan ke tempat-tempat yang bagus untuk beristirahat dapat menjadi pilihan.

Disarankan agar tetap bisa mendapatkan manfaat liburan dengan optimal, sebaiknya hindari dan lupakan sejenak hal-hal terkait pekerjaan selama waktu liburan.
Jangan sampai pekerjaan masih mengusik pikiran dan membuat semakin stres atau malah sakit selama liburan.

PDAM Makassar