kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

BPN Pinrang Capai Target PSN 100 Persen

Kepala BPN Pinrang
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pinrang telah berhasil mencapai target Program Strategis Nasional (PSN) Tahun 2023 dengan capaian 100 persen.

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Pinrang, Andi Surya Batara, mengungkapkan bahwa PSN melibatkan berbagai kegiatan seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Retribusi Tanah, Badan Milik Negara (BMN), dan Lintas Sektor.

Pemprov Sulsel

“Kami berhasil mencapai target PSN tahun ini sebesar 100 persen,” kata Andi Surya pada Kamis (28/12/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam program PTSL di tiga desa/kelurahan, target 986 bidang tanah berhasil direalisasikan 100 persen. Sedangkan program redistribusi tanah dari 10 desa/kelurahan berhasil mencapai 100 persen dari target 1.500 bidang.

Untuk program sertifikat lintas sektor yang melibatkan kelompok nelayan tangkap, budidaya, dan UMKM di 17 desa/kelurahan, terdapat 677 bidang yang berhasil direalisasikan 100 persen.

“Hanya program BMN yang masih memiliki 16 bidang yang belum mencapai 100 persen dari target 67 bidang. Kendalanya terkait kelengkapan berkas dan masalah dengan kawasan hutan,” ungkap Andi Surya.

Namun, program sertifikat untuk aset pemerintah, seperti aset desa, pemkab, pemprov, dan pusat, berhasil melebihi target yang ditetapkan tahun ini.

“Dengan demikian, kegiatan PSN di Kabupaten Pinrang telah selesai. Kami terus berupaya menyelesaikan tunggakan setiap tahunnya,” tutur Andi Surya.

Andi Surya juga mengimbau kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat untuk menjaga dan memanfaatkannya secara produktif.

PDAM Makassar