kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bisnis Rice Bowl dari Rumah, Usaha yang Praktis dan Untung

banner 468x60

KabarMakassar.com — Rice Bowl menjadi salah satu ide kuliner yang sedang naik daun dan viral.

Hal ini lantaran dianggap lebih praktis dan lebih mudah dibawa kemana-mana serta tidak perlu lagi menggunakan piring.

Pemprov Sulsel

Rice Bowl kemudian banyak dikembangkan menjadi ide usaha yang menguntungkan salah satunya adalah Masita, ibu satu anak di Makassar mengembangkan ide rice bowl dengan usaha yang diberi nama "Moss Food".

Masita mengaku ide usaha rice bowl miliknya ia tekuni sejak tahun 2020 saat pandemi Covid-19 melanda dimana aktivitas diluar rumah terbatas dan banyak orang di PHK sehingga ia mencari alternatif sumber penghasilan tambahan.

"Awal berdirinya karena waktu itu lagi pandemi Covid-19 kan terus di rumah ji orang terus saya berpikir untuk bisa dapat penghasilan tambahan dari rumah," ungkapnya, Minggu (25/06).

Berbekal keahlian memasaknya ia menyajikan sejumlah menu khas dan best seller seperti katsu, barbeque dan olahan daging lainnya.

Selain itu, ia juga menjual kue yang disajikan dalam box dengan berbagai varian rasa mulai dari redvelvet hingga coklat.

Masita menjalankan usahanya seorang diri dengan sistem pre order dan take away untuk dibawa pulang yang berlokasi di Jalan Hertasning serta tidak melayani makan di tempat.

Sehingga usaha rice bowl ini dianggap lebih praktis karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menyediakan tempat makan.

"Saya sistemnya per order atau take away untuk dibawa pulang, tidak melayani makan di tempat," sambungnya.

Sementara untuk proses pemasaran sendiri, Masita aktif mempromosikan dagangannya melalui media sosial Instagram dan Facebook serta terdaftar melalui e-commerce Shopee Food dan Grab.

Ia pun mampu menjual hingga 50 box setiap harinya dengan omset sekitar Rp1-2 juta per hari.

"Bisa sampai 50 box sesuai orderan atau orang PO yah," beberya.

Usaha yang digeluti selama kurang lebih 2 tahun ini kata Masita turut terbantu atas bantuan dana modal atau Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diambilnya dari Bank BRI.

Beberapa kali ia juga mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Bank BRI.

Ia pun berharap usahanya semakin lebih besar dan maju.

"Harapannya yah semoga lebih besar tambah banyak yang tahu Moss Food ini," harapnya.

PDAM Makassar