kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Berikut Tradisi Kenaikan Isa Almasih di Indonesia

Berikut Tradisi Kenaikan Isa Almasih di Indonesia
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dalam rangka untuk menyambut Kenaikan Isa Almasih, yang jatuh pada Kamis (9/5) besok. Momen ini merupakan momen penting bagi Umat Kristiani dan Katolik.

Dimana, pada hari itu Yesus Kristus atau Isa Almasih naik ke surga setelah kebangkitan-Nya dari kematian. Kenaikan Isa Al Masih menandai penyelesaian misi-Nya di dunia ini dan menjadi bukti kebangkitan-Nya.

Pemprov Sulsel

Kenaikan Isa Almasih tersebut diperingati dengan berbagai cara ataupun tradisi tersendiri. Berikut ini berbagai tradisi dalam rangka Kenaikan Isa Almasih di Indonesia, yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Misa di Gereja
Tradisi pertama yang dilakukan adalah Ibadah di Gereja atau Misa di Gereja. Misa di Gereja merupakah hal yang wajib dilakukan karena sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur atas keselamatan yang telah diberikan oleh Tuhan.

2. Prosesi
Kedua merupakan momentum sakral karena biasanya Gereja melakukan prosesi Kenaikan bersamaan dengan para jemaat dari Gereja, lalu berjalan bersama menuju tempat peringatan atau monumen kenaikan.

3. Kegiatan Sosial
Tak jarang momen Kenaikan Isa Almasih juga dilakukan dengan melakukan bakti sosial. Seperti memberikan makan kepada orang yang tidak mampu, memberikan sejumlah bantuan kepada anak yatim dan berkunjung ke panti sosial.

4. Konser Rohani
Beberapa Gereja juga mengadakan konser rohani untuk memperingati Kenaikan Isa Almasih. Konser tersebut biasanya diisi dengan lagu-lagu rohani yang menginspirasi.

5. Makan Bersama Keluarga
Makan bersama keluarga atau kerabat dekat adalah salah satu tradisi saat hari besar Kenaikan Isa Al-Masih. Sepulang ibadah Misa, biasanya keluarga cenderung berkumpul di rumah untuk mengadakan pesta makan meriah, pada saat pesta makan biasanya keluarga akan saling berdoa dan saling mendukung.

Itulah sederet tradisi Kenaikan Isa Al-Masih yang biasa dilakukan bagi seluruh umat Kristen dan Katolik.

PDAM Makassar