kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Berikut Sejumlah Titik Kerusakan Akibat Curah Hujan Tinggi di Sinjai

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Curah hujan tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Sinjai sejak Kamis malam hingga Jum'at (22/7) pagi mengakibatkan kerusakan di berbagai titik.

Berdasarkan data yang dihimpun tim KabarBugis.id, berikut titik lokasi terdampak akibat curah hujan tinggi di sejumlah tempat di Kabupaten Sinjai per 22 Juli 2022.

Pemprov Sulsel

1. Luapan air Sungai Tangka di Dusun Jerrung dan Macconggi, Desa Lamatti Riawang, Kecamatan Buluppodo, mengakibatkan puluhan ternak mati.

2. Pemukiman warga di Lingkungan Lompu, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara terendam akibat luapan air sungai Mangottong.

3. Tanah longsor di Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Kab. Sinjai   mengakibatkan sejumlah kerusakan diantaranya rumah terendam material tanah longsor, kerusakan area pertanian.

4. Tanah longsor di Kelurahan Tassililu, Desa Bontosalama dan Desa Terasa, Kec. Sinjai Barat.

4. Tanah longsor di Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai mengakibatkan jalan penghubung antara Desa Bonto dengan Desa Saohiring nyaris terputus. 

Adapun data tambahan dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, diantaranya:

1. Jalan kepiting, Kel. Lappa, Sinjai Utara (1 rumah dimasuki air dan  kursi tamu yang terendam sekitar 10 cm).

2. Jalan amanagappa dekat BRI (satu tempat usaha las yang terendam).

3. Jalan amanagappa ujung.

4. Jalan Sunu, Kel. Lappa, Sinjai Utara ( 2 rumah dimasuki air) dan 2 tempat usaha atau kios barang campuran yang dimasuki air atau terendam sekitar 10 cm).

5. Jalan Tembang.

6. Untuk lingkungan lappae 60 % wilayah yang terendam banjir air pasangan. (Air hujan dari hulu ketemu dengan air pasang).

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan pihaknya telah mengirim alat berat untuk mengevakuasi material longsor di Kecamatan Sinjai Barat.

"Tadi alat beratnya sudah diarahkan ke lokasi,  karena disana yang dibutuhkan alat berat mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan," jelasnya.

PDAM Makassar