kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Berikut 8 Sunnah Saat Hari Raya Idul Fitri

Berikut 8 Sunnah Saat Hari Raya Idul Fitri
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tak lama lagi umat Islam akan menyambut hari raya idul fitri. Tentu idul fitri merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan umat islam juga bergembira akan hari tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa jangan sampai kegembiraan umat islam dalam menyambut idul fitri menjadi lupa atau lalai dalam beribadah kepada Allah SWT.

Pemprov Sulsel

Hari raya idul fitri, bertepatan jatuh pada 1 Syawal 1445 Hijriah dan Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menetapkan jatuhnya 1 syawal pada sidang isbat yang akan digelar, pada 9 April 2024 mendatang.

Berikut ini, 8 sunnah yang bisa diamalkan saat hari raya idul fitri, seperti yang dikutip dari laman NU Online, sebagai berikut:

1. Melaksanakan salat id
Muslim (baik laki-laki maupun perempuan) sangat dianjurkan melaksanakan salat id saat hari raya idul fitri. Hukum salat ini adalah sunnah muakkadah (sangat disunnahkan) sejak tahun kedua hijriah. Rasulullah SAW sendiri selalu melaksanakannya sampai beliau wafat.

2. Mandi
Sunnah untuk mandi baik bagi laki-laki atau perempuan saat idul fitri, termasuk perempuan yang sedang haid atau nifas. Waktunya dimulai sejak tengah malam hari raya sampai tenggelam matahari esok harinya. Berikut adalah niat mandinya:
‎
نَوَيْتُ غُسْلَ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu ghusla ‘îdil fithri sunnatan lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Aku niat mandi idul fitri, sunnah karena Allah”.

3. Menghidupkan malam idul fitri
Orang yang menghidupkan malam idul fitri hatinya tidak akan mati saat banyak orang yang telah mati hatinya. Ada tiga pendapat terkait cara menghidupkannya. Pertama, kegiatan ibadah malam idul fitri lebih dominan. Kedua, cukup dengan beribadah sesaat. Ketiga, dengan shalat isya berjamaah dan bertekad salat subuh berjamaah pula.

4. Perbanyak membaca takbir
Sunnah untuk memperbanyak membaca takbir saat idul fitri. Waktunya dimulai sejak terbenamnya matahari 1 Syawal sampai takbiratul ihramnya Imam salat Id bagi yang berjamaah atau takbiratul ihramnya mushalli (orang yang shalat) sendiri, bagi yang shalat sendirian.

5. Makan sebelum berangkat ke masjid
Sebelum berangkat untuk melaksanakan salat id, seseorang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Orang yang meninggalkan anjuran ini hukumnya makruh.

6. Membedakan perjalanan pergi-pulang
Dianjurkan rute pulang salat id untuk dibedakan dengan rute yang dilalui ketika pulang. Rute keberangkatan juga dianjurkan agar lebih panjang dari rute pulang. Di antara faedahnya adalah supaya lebih memperoleh banyak pahala dalam perjalanan ibadah.

7. Berhias
Umat Muslim dianjurkan untuk berhias sebagai bentuk ekspresi bahagia pada hari idul fitri. Cara berhiasnya seperti dengan memotong kuku, mandi, mengenakan parfum dan mengenakan pakaian terbaik, dianjurkan pakaian berwarna putih.

8. Mengucapkan selamat
Mengucapkan selamat idul fitri atau tah’inah dianjurkan pada momen ini. Contohnya dengan ucapan “selamat idul fitri 1445 H”, “taqabbalallagu minna wa minkum”, “mohon maaf lahi dan batin” dan sebagainya.

PDAM Makassar