kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Begini Janji Anies Siap Bangun Stadion di Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Anies Baswedan berjanji bakal membangun Mattoangin International Stadium (MIS) di Kota Makassar. Arena olahraga itu memadukan desain arsitektur modern dengan budaya Sulawesi Selatan (Sulsel).

Calon Presiden Republik Indonesia (Capres RI) ini menemui kelompok suporter PSM Makassar.

Pemprov Sulsel

Ia datang dalam rangka guna menunjukkan miniatur dan video desain satdion pada, Sabtu (19/11).

“Mattoangin International Stadium ini menyatukan antara konsep arsitektur modern dengan unsur adat istiadat dan tradisi yang ada di Sulawesi Selatan,” ujar Anies di GORI Artisan Building, Makassar.

“Stadion ini juga menerapkan konsep green building. Sehingga, nanti menjadi bangunan ramah lingkungan yang akan disyukuri sampai anak cucu kita. In Shaa Allah,” sambungnya.

MIS bakal dibangun kembali di lahan Stadion Mattoanging yang saat ini telah menjadi kubangan. Venue itu terinspirasi dari layar pinisi yang disematkan pada selubung bangunan.

Garis-garis horizontal pun mengelilingi selubung bangunan. Itu sebagai penegasan tehadap prinsip arsitektur modern dari MIS yang kekal sepanjang waktu dan melampaui zaman.

Ada pula ornamen sabuk emas yang mengitari stadion seluas tujuh hektare tersebut. Corak itu pun mengambil inispirasi dari motif baju adat yang ada di Sulsel.

Terakhir, ada bentuk lengkungan yang disematkan di arena berkapasitas 41.800 tempat duduk tersebut. Itu merupakan penggambaran gelombang air laut dan gerakan angin yang dinamis, sehingga memberi kesan bangunan aeordinamis.

Dengan rancangan yang terinspirasi kearifan lokal di Sulsel, Anies Baswedan pun berharap desain arsitektur MIS mampu menginspirasi dunia. Sekaligus menjadi salah satu stadion kebanggaan di Indonesia.

PDAM Makassar