kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Begini Adab Berhubungan Bagi Pasangan Suami Istri Saat Puasa

Begini Adab Berhubungan Bagi Pasangan Suami Istri Saat Puasa
Ilustrasi (Kabar Makassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan tentang adab berhubungan di bulan Ramadan bagi pasangan suami istri.

Meskipun terdapat larangan untuk melakukan hubungan biologis, bermesraan seperti pelukan dan ciuman tetap diperbolehkan.

Pemprov Sulsel

Ketika seorang jamaah bertanya sejauh mana kebolehan bermesraan, Ustaz Khalid menjelaskan bahwa yang dilarang adalah hubungan seksual yang sampai pada klimaks atau ejakulasi.

Dalam konteks ini, Ustaz Khalid merujuk pada hadis yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad pernah mencumbu istrinya, Aisyah, namun dengan kontrol diri yang baik.

“Dan Aisyah berkata dalam Hadits Bukhari Muslim, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah mencumbu kami di bulan Ramadhan, tapi beliau laki-laki yang paling bisa mengontrol dirinya,” katanya.

Meskipun demikian, ia menyarankan agar jamaahnya berhati-hati dalam bersikap, karena khawatir hal tersebut dapat membatalkan puasa dan mengganggu kendali diri.

Ia juga menegaskan bahwa bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri, sebaiknya untuk menahan diri dan menghindari situasi yang dapat memunculkan godaan.

“Cuman saya sarankan orang-orang kaya Antum (Kamu) jangan lah, saran saya nggak usah, nanti kalau kebablasan bermasalah ini. Nanti aja pas buka puasa sampai pagi (Dibarengi bercanda),” tutup Ustaz Khalid Basalamah.

PDAM Makassar