kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bayar Online, Begini Cara Cetak STNK

banner 468x60

KabarMakassar.com — Mengurus dokumen wajib berkendaraan, baik roda dua maupun roda empat semakin efisien. 

Dimana, pemohon bisa melakukan pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) secara online. 

Pemprov Sulsel

Kemudian menuju Samsat terdekat dan mengikuti proses pencetakan dokumen ini.

Adapun tahapan yang perlu dilakukan adalah melaksanakan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB secara online melalui aplikasi SIGNAL.

SIGNAL sendiri singkatan dari Samsat Digital Nasional, sebuah aplikasi yang bisa diunduh di laman penyedia aplikasi Play Store Android dan App Store.

Setelah melakukan registrasi, verifikasi e-KTP, dan proses aktivitasi menggunakan OTP (One-Time Password), lakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. 

Kemudian untuk pencetakan STNK bisa dilakukan di Samsat terdekat.

Sebagai catatan, perpanjangan STNK yang bisa dilakukan secara online adalah perpanjangan STNK tahunan serta pengesahan STNK.

Siapkan persyaratan untuk permohonan cetak STNK di Samsat, yakni :

1. Menyiapkan dokumen KTP asli, STNK asli, BPKP asli, serta seluruh salinan fotokopinya, dilengkapi e-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik) yang telah dicetak.
2. Hadir ke kantor Samsat terdekat membawa seluruh persyaratan tadi. Dengan kelengkapan seluruh persyaratan ini mempermudah pemohon dalam memproses cetak STNK baru.
3. Menuju loket dan menyerahkan seluruh dokumen yang dibawa. Tunggu sampai petugas loket melakukan pemanggilan dan menyerahkan STNK baru yang telah dibayarkan pajaknya secara online.
4. Setelah mendapatkan STNK baru, lanjutkan ke loket pengesahan STNK untuk bukti pengesahan.
5. Di loket pengesahan, pemohon akan memperoleh stempel pengesahan sebagai bukti telah melakukan pembayaran pajak untuk kendaraan bermotor atau PKB.

 

PDAM Makassar