kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Barobbo, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Memiliki Cita Rasa Unik

Barobbo, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Memiliki Cita Rasa Unik
Ilustrasi Barobbo (Dok : int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sulawesi Selatan, dengan keberagaman budaya dan tradisinya, juga dikenal memiliki kekayaan kuliner yang unik. Salah satu hidangan khas yang patut dicoba adalah Barobbo.

Barobbo adalah bubur khas Sulawesi Selatan yang berbahan utama Jagung yang dicampur dengan ikan dan berbagai macam sayuran seperti labu kuning, kacang panjang, dan bayam. Jagung yang digunakan biasanya adalah jagung pulut putih atau jagung kuning.

Pemprov Sulsel

Barobbo bukan hanya sekedar makanan lezat, tetapi juga memiliki nilai-nilai budaya. Pada masa lalu, barobbo hanya disajikan untuk kalangan bangsawan. Namun, seiring berjalannya waktu, makanan ini mulai dinikmati oleh masyarakat umum.

Barobbo memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Makanan ini melambangkan kebersamaan dan kekeluargaan.

Hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara adat, perayaan, atau sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Sulawesi Selatan.

Bagi para pecinta kuliner, mencicipi Barobbo adalah pengalaman yang tak terlupakan. Keunikan rasa dan keberagaman bahan membuatnya menjadi menu yang menggoda selera.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi cita rasa Sulawesi Selatan melalui hidangan lezat ini.

Bahan Utama Pembuatan Barobbo

Jagung: Merupakan bahan utama yang memberikan rasa dan ciri khasnya.

Ikan: Digunakan sebagai campuran untuk memberikan kelembutan pada hidangan.

Sayur: Menambahkan unsur gizi dan cita rasa khas laut pada Kapurung.

Proses Pembuatan

Siapkan panci. Masukkan semua jagung dan air atau kaldu ayam. Masak sampai meletup, aduk jangan sampai lengket.

Tambahkan bawang merah, bawang putih, merica bubuk, dan garam. Masak kembali. Masukkan bayam, kangkung, dan seledri. Aduk rata. Koreksi rasa.

Tuang barobbo ke dalam mangkuk saji. Beri ayam goreng suwir, perkedel, dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.

Sajian dan Penyajian:

Barobbo biasanya disajikan dalam wadah piring atau mangkok. Dengan diberi toping ikan asin, dan bawang goreng atau daun bawang. Rasanya yang manis dan tekstur dari jagung, dan gurih dari ikan menciptakan harmoni rasa yang memanjakan lidah.

PDAM Makassar