kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Bapemperda DPRD Sulsel Konsultasi ke Kemendagri?

banner 468x60

KabarMakassar.com — Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan konsultasi ke Kemendagri terkait rencana Pansus dan kegiatan-kegiatan DPRD pada Tahun 2023 mendatang.

Konsultasi ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arif, didampingi oleh Rudy Pieter Goni (Fraksi PDI Perjuangan) selaku Ketua Bapemperda, Senin, (12/12).

Pemprov Sulsel

Konsultasi yang dilaksanakan di Lantai 14 Gedung H Kemendagri ini diterima langsung oleh Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri, Makmur Marbun, didampingi Ramandhika Suryasmara, selaku Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Muda.

Wakil Ketua DPRD, Muzayyin Arif mengungkapkan, kehadiran Bapemperda DPRD Sulsel di Gedung Kemendagri untuk melakukan konsultasi terkait kegiatan-kegiatan DPRD Sulsel.

"Kami ingin mendengarkan penjelasan lebih lanjut oleh Bapak Direktur PHD Ditjen Otda Kemendagri terkait dengan kegiatan-kegiatan yang akan kita lakukan bersama," ujar Muzayyin. 

Ketua Bapemperda DPRD Sulsel, Rudy Pieter Goni menjelaskan, ada beberapa program legislasi yang dicapai pada tahun 2022 ini.

Ia mengatakan, Program Pembentukan Perda (Propemperda) Sulsel Tahun 2022 ada sebanyak 16. "Ditambah dengan 1 Ranperda yang diusulkan Gubernur Sulsel terkait dengan pengajuan perubahan Propemperda pada Tahun 2022," bebernya. 

Ia menambahkan, menjelang akhir tahun, DPRD Sulsel melakukan pembahasan 5 Ranperda yang sudah masuk pada tahapan Pansus. Pembahasannya pun sudah sampai pada tahapan konsultasi yang akan dilakukan di Kemendagri. 

"Kami berharap Bapak Direktur PHD dapat menerima konsultasi Pansus kami yang akan dilakukan di waktu yang tidak lama lagi," terangnya. 

"Kami ingin melakukan konsultasi terkait dengan kegiatan-kegiatan DPRD pada tahun 2023. Kami ingin mendapatkan penjelasan terkait dengan Kegiatan Sosialisasi Propemperda Tahun 2023 dan Kegiatan Sosialisasi Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD. Dalam waktu dekat ini Bapemperda DPRD Sulsel juga akan melaksanakan kegiatan Tudang Sipulung," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Produk Hukum Daerah Kemendagri, Makmur Marbun mengapresiasi kinerja Bapemperda DPRD Sulsel terkait dengan pembahasan Perda. 

Ia mengungkapkan, DPRD Sulsel menjadi salah satu pioner Bapemperda di Indonesia dengan capaian pembahasan ranperda di Propemperda Tahun 2022 ini.

"Kami juga sangat mengapresiasi dengan adanya rencana kegiatan Tudang Sipulung dengan mengundang Bapemperda seluruh Indonesia dan bisa menjadi wadah dan koordinasi antara Bapemperda yang ada di Indonesia," pungkas Marbun. 

PDAM Makassar