kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Bahas Ekonomi Biru, Bappelitbangda Sulsel Akan Kembangkan Sektor Kelautan

Bahas Ekonomi Biru, Bappelitbangda Sulsel Akan Kembangkan Sektor Kelautan
(Foto : ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan Pemerintah Provinsi saat ini tengah menyusun master plan pengembangan ekonomi biru.

Plh Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Bakti Haruni menyampaikan ekonomi biru Sulsel akan menjadi salah satu pembahasan Pemprov di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 pada Selasa, (30/4) mendatang.

Pemprov Sulsel

“Konsolidasi transformasi menuju Sulawesi Selatan yang mandiri, maju, berkelanjutan dalam ekosistem ekonomi biru. Intinya konsolidasi dalam rangka mempersiapkan transformasi,” ungkap Andi Bakti.

Ia menyampaikan gambaran kedepannya bukan meninggalkan terestrial.

“Terestrial itu pembangunan yang bersifat daratan. Sesungguhnya pembangunan kita tidak hanya di daratan. Kedepan ini kita ingin mengarahkan ke wilayah lautan,” bebernya.

Ia menambahkan potensi di bidang kelautan cukup besar, oleh karena itu akan ditingkatkan produksi dan produktivitas di bidang perikanan.

“Perikanan itu bukan hanya ikan. Perikanan tangkap, semua sumber daya kelautan kedepan,” jelasnya.

Andi Bakti menambahkan, akan dilakukan pengembangan budidaya serta tangkapnya. Pihaknya juga akan mengedepankan pelaksanaan konservasi, pengawasan dan pengendalian.

“Sulsel kedepan, kita ingin maju, mandiri dan berkelanjutan. Berkelanjutan itu kita ingin berwawasan lingkungan,” tuturnya.

PDAM Makassar