kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

APBD 2023 Kabupaten Maros Usung Tema Rasionalisasi Belanja

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pengelolaan keuangan di Kabupaten Maros untuk APBD 2023 menitikberatkan tema “Rasionalisasi Belanja”.

Bupati Maros, Chaidir Syam menyebut, hal itu wajib diterapkan pemerintah daerah dalam situasi sekarang.

Pemprov Sulsel

Di hadapan anggota DPRD Maros dan para pimpinan perangkat daerah saat rapat paripurna, Rabu (13/7) Chaidir mengingatkan, sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang fluktuatif akibat pandemi Covid-19, belum sepenuhnya pulih.

“Begitu pula dengan pendapatan transfer yang tidak menentu,” sebutnya.

Pada rapat tersebut, Pemkab Maros menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023.

Chaidir mengatakan, penyerahan ini sebagai suatu langkah percepatan penyusunan Rancangan APBD.

Dalam KUA-PPAS tersebut, target PAD sebesar Rp267 miliar. Sedangkan pendapatan transfer sebesar Rp1,1 triliun lebih. Belanja operasi dianggarkan sebesar Rp1,02 triliun.

Belanja daerah dititikberatkan kepada prioritas pembangunan. Chaidir meminta semua perangkat daerah efisien dan efektif, serta proporsional.

“Harus memprioritaskan alokasi belanja daerah pada program dan kegiatan yang memiliki dampak kuat,” tegas mantan Ketua DPRD Maros itu.

Dalam rapat tersebut juga terungkap penerimaan pembiayaan Silpa tahun sebelumnya sebesar Rp22,7 miliar. Pengeluaran pembiayaan Rp2 miliar yang merupakan penyertaan modal pemerintah daerah. Serta pembiayaan netto -Rp20,7 miliar.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan persetujuan bersama rancangan peraturan daerah pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021.
 

PDAM Makassar