kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

AMCF Sulsel Tutup Kegiatan Baksos, Lakukan Operasi Katarak Gratis

banner 468x60

KabarMakassar.com — Setelah hampir dua bulan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Sulawesi Selatan menutup seluruh kegiatan bakti sosialnya di Kabupaten Kepulauan Selayar dengan melakukan operasi katarak secara gratis dengan kuota 100 mata.

Operasi katarak tersebut dipusatkan dOpi RSU Kh. Hayyung Selayar, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH, Sabtu (17/6).Sesuai agenda, operasi ini dijadwalkan berlangsung dua hari, 17 sampai dengan 18 Juni 2023.

Pemprov Sulsel

Sebelumnya, tim AMCF Sulsel sudah keliling pulau-pulau Selayar hampir dua bulan, dengan program kemanusiaan seperti bantuan rumah layak huni sebanyak 5 unit, bantuan kursi roda, tongkat, bantuan sembako, bantuan kapal untuk anak sekolah, dan bantuan paket sekolah.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh AMCF Sulsel kerja sama dengan Pemkab Kepulauan Selayar. Saiful Arif mengemukakan, pemerintah punya tugas untuk pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan.

“Kegiatan kemanusiaan ini adalah salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, terkhusus yang mengalami masalah kesehatan, lebih khusus lagi pada katarak,” ucapnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada AMCF bersama seluruh timnya, karena dengan dukungan sinergitas dan kolaborasi kegiatan ini terselenggara.

“Inilah bentuk pengabdian dan pelayanan pemerintah kepada masyarakatnya khususnya yang bersoal dibidang kesehatan terkhusus katarak,” pungkasnya.

Sedangkan administrator pusat yayasan kemanuasiaan  AMCF Sulawesi Selatan Muh. Yusri Wahyudi Yunus yang dikonfirmasi ujungjari.com menyebutkan, sebelum pelaksanaan operasi katarak, telah dilakukan screening awal kepada 133 orang peserta. Hasilnya tercatat ada 75 orang dinyatakan positif katarak.

“Sebentar kita lanjutkan screening gelombang ketiga untuk memenuhi kuota 100 mata,” ungkap Muh. Yusri.

Muh. Yusri menjelaskan, dalam operasi katarak ini menggunakan metode phaco atau operasi tidak lagi dilaksanakan secara manual oleh tim dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Makassar.

“Sasaran, kita kususkan untuk masyarakat kurang mampu yang tidak mempunyai jaminan kesehatan seperti BPJS dan KIS. Dihari pertama ini kita akan operasi untuk 50 orang pasien,” terangnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, AMCF juga telah melaksanakan bakti social khitanam massal secara gratis di di Klinik Medizi Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar.

PDAM Makassar