kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Aman Untuk Penderita Diabetes, Tanaman Stevia Dapat Menjadi Pengganti Gula 

Aman Untuk Penderita Diabetes, Tanaman Stevia Dapat Menjadi Pengganti Gula 
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bagi para penderita diabetes, sudah menjadi keharusan untuk memperhatikan dan mengontrol kadar gula darahnya. Mengonsumsi makanan maupun minuman manis tentu tidak disarankan. Tak banyak yang tahu, rasa manis pada gula dapat digantikan oleh tanaman stevia, tanaman ini bisa dijadikan sebagai alternatif penghasil pemanis alami.

Tingkat kemanisan gula stevia berkisar antara 250 hingga 300 kali dari tingkat kemanisan sukrosa atau gula tebu.

Pemprov Sulsel

Selain tingkat kemanisan stevia yang lebih unggul, daun stevia juga mampu menurunkan kadar gula darah sehingga stevia aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes melitus dan obesitas.

Daun stevia banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pemanis alami. Bahan pemanis utama pada stevia ini adalah stevioside yaitu suatu glikosida diterpen yang sangat manis namun hampir tidak mengandung kalori.

Menurut riset, stevia mampu menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Stevia juga dapat menambah rasa kenyang lebih lama. Alhasil, penderita diabetes mampu mengontrol keinginannya untuk makan atau ngemil berlebihan.

Sekarang ini gula stevia dapat ditemukan di e-commerce dalam berbagai bentuk. Ada yang bentuknya cair, bentuk bubuk seperti gula biasa dan ada pula gula stevia yang dicampur dengan jenis lainnya seperti gula tebu. Bagi penderita diabetes penting untuk memilih stevia murni tanpa campuran pemanis lainnya.

PDAM Makassar