kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Alasan Puasa Tidak Diterima, Berikut Penjelasan Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Alasan Puasa Tidak Diterima, Berikut Penjelasan Ustaz Syafiq Riza Basalamah
Ustaz Syafiq Riza Basalamah.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ustaz Syafiq Riza Basalamah, melalui saluran YouTube-nya, menjelaskan beberapa alasan mengapa puasa seseorang tidak diterima oleh Allah SWT, meskipun telah menjalankannya setiap tahun dengan penuh kesungguhan.

Menurutnya, puasa haruslah dilakukan karena iman, bukan sekadar ikut-ikutan atau untuk pamer kepada orang lain. Ia menekankan bahwa puasa semacam ini adalah puasa orang-orang munafik.

Pemprov Sulsel

Ada orang yang mungkin telah berpuasa selama 30 tahun, namun tidak diterima puasanya karena tidak memenuhi dua persyaratan utama dalam ibadah puasa. Mereka berpuasa hanya untuk dilihat oleh orang lain, namun saat berada di luar, mereka tidak menjaga puasanya dengan sungguh-sungguh.

Ustaz Syafiq menegaskan bahwa penting bagi setiap Muslim untuk merenungkan niat dan tujuan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Puasa harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas, semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT, bukan untuk kepentingan dunia atau sekadar untuk berpura-pura.

“Ada yang berpuasa nih suami-suami biasanya. Ada yang berpuasa di rumah, ikut tarawih. Tapi di luar nggak puasa dia, nih puasanya orang-orang munafiqin yang dia puasa hanya untuk dilihat orang,” tegas Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

PDAM Makassar