kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM, GMKI Makassar Bawa 7 Isu Lanjutan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Aksi tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali berlanjut, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Makassar kembali turun ke jalan menyuarakan aksinya di jalan Gunung Bawakaraeng Makassar, Rabu (7/9).

Aksi kali ini memblokade jalan sebagai bentuk respon terkait kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang mulai berlaku per-3 September 2022.

Pemprov Sulsel

Silwan selaku Jendral Lapangan (Jendlap) menjelaskan bahwa GMKI selain membawa grand isu TOLAK KENAIKAN HARGA BBM SUBSIDI juga membawa beberapa isu turunan.

"Aksi kami kali ini selain bawa grand isu terkait penolakan kenaikan BBM bersubsidi kami juga membawa 7 isu turunan lainnya yang merupakan hasil kajian kami dan juga tak kalah penting untuk disuarakan," kata Silwan.

Silwan menjelaskan bahwa kenaikan BBM bersubsidi kali ini dikarenakan penyaluran yang tidak tepat sasaran, ia juga merasa perlu adanya regulasi yang ketat terkait penggunaan BBM bersubsidi. Selain itu juga Silwan juga merasa bahwa kenaikan BBM bersubsidi ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah terkait Proyek Stategis Nasional (PSN).

"Selain perlu regulasi yang ketat terkait penggunaan BBM subsidi perlu juga kita melihat kebijakan pemerintah belakangan ini, bisa kita lihat PSN seperti ibu kota negara baru yang digodok habis-habisan padahal dananya bisa digunakan untuk menambah subsidi BBM apalagi kita ini baru mau memperbaiki perekonomian pasca pandemi" jelas Silwan.

Sementara itu, Ketua BPC GMKI Makassar, Janoval Leatemia juga mengecam penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat dalam penanganan aksi massa terkait demostrasi yang terjadi dibeberapa wilayah belakangan ini.

"Saya juga sangat mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pihak aparat terhadap kawan-kawan kami yang melaksanakan aksi beberapa hari ini terkhususnya di Kota Makassar dan erlu juga dicari tahu siapa pelaku pengguna busur yang sempat viral lalu apakah masyarakat atau pihak-pihak tertentu" tuturnya.

Berikut isu turunan dalam aksi demostrasi GMKI kali ini ialah:

1. Menolak harga kenaikan bbm bersubsidi;

2. Meminta pemerintah mengevaluasi data bbm subsidi tepat sasaran;

3. Usut tuntas mafia minyak bumi;

4. Tunda pengerjaan PSN;

5. Mendorong pertashop menjual bbm subsidi;

6. Menolak penggunaan bbm subsidi terhadap industri menengah atas;

7. Usut tuntas tindakan Represif kepolisian terhadap Mahasiswa.

PDAM Makassar