kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

7 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pisang merupakan salah satu buah tropis yang banyak ditemui di Indonesia.

Dimana, buah ini banyak digunakan sebagai bahan makanan yang serba guna.

Pemprov Sulsel

Di Makassar sendiri, pisang menjadi bahan dasar untuk berbagai hidangan lezat yang khas dan menggugah selera.

Dengan beragam jenis dan olahan yang lezat, pisang menjadi salah satu komoditas andalan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Makassar.

Jika Anda berkunjung ke Makassar, pastikan untuk mencoba berbagai hidangan pisang yang khas ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Berikut beberapa olahan pisang yang patut Anda coba jika berkunjung ke daerah ini:

1. Pisang Epe

Pisang epe adalah salah satu camilan yang paling terkenal di Makassar. Pisang epe adalah pisang yang dipotong tipis, kemudian dipanggang hingga kulitnya menghitam. Biasanya disajikan dengan berbagai pilihan saus, seperti saus kacang, saus cokelat, dan saus keju. Rasanya manis, gurih, dan renyah, membuatnya menjadi camilan yang sempurna untuk dinikmati saat santai.

2. Pisang Ijo

Pisang ijo adalah hidangan penutup yang segar dan lezat. Hidangan ini terdiri dari pisang yang dibungkus dengan adonan hijau dari tepung beras ketan yang diberi pewarna alami dari daun suji. Pisang ijo kemudian disajikan dengan kuah santan dan gula merah yang kental. Rasanya manis, legit, dan sangat khas.

3. Pisang Cokelat Keju

Pisang cokelat keju adalah varian modern yang menggabungkan pisang goreng dengan cokelat leleh dan keju parut. Pisang dipotong kecil-kecil, dicelupkan ke dalam cokelat cair, dan ditaburi dengan keju parut. Rasanya manis, gurih, dan creamy.

4. Pisang Cokelat Gulung

Pisang cokelat gulung adalah varian yang menggabungkan pisang goreng dengan cokelat leleh dan roti tawar. Pisang digulung dalam roti tawar yang diolesi dengan cokelat cair dan kemudian dipanggang hingga kecokelatan.

5. Pisang Molen

Pisang Molen adalah adonan tepung yang dibungkus sekitar potongan pisang dan digoreng hingga kecokelatan. Rasanya manis, gurih, dan renyah, membuatnya cocok sebagai camilan sehari-hari.

6. Pisang Goreng Keju

Pisang goreng adalah hidangan klasik yang selalu populer di seluruh Indonesia. Namun, di Makassar, variasi unik dari pisang goreng adalah pisang goreng keju. Potongan pisang digoreng hingga keemasan dan ditaburi keju parut yang meleleh, menciptakan rasa gurih yang tak terlupakan.

7. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah varian yang menyegarkan dari Pisang Ijo. Potongan pisang Ijo disajikan dalam es serut dengan kuah santan dan sirup gula merah, menciptakan sensasi rasa yang sejuk dan manis.

Pisang memiliki peran penting dalam budaya kuliner Makassar, dan berbagai macam olahan ini hanyalah sebagian kecil dari kelezatan yang bisa ditemukan di kota ini. (Nurul Febrianti).

PDAM Makassar