kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

6 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh

banner 468x60

KabarMakassar.com — Gula aren merupakan salah satu jenis gula yang sangat populer digunakan sebagai pemanis pada kue maupun kopi.

Gula ini dibuat dari nira pohon aren dan dikenal sebagai alternatif yang lebih sehat dari pemanis lainnya.

Pemprov Sulsel

Karena proses pemurnian, vitamin dan mineral nabati dalam gula ini juga berada dalam tingkat tinggi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Meskipun begitu, jenis gula ini memiliki kandungan mineral dan vitamin dalam jumlah yang sedikit. Mulai dari vitamin A, C, K, dan kalsium.

Gula ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis yang sebanding. Selain itu jenis gula ini juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada pemanis lainnya.

Berikut manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh :

1. Menjaga kadar gula darah

Gula aren mengandung jumlah glukosa yang lebih sedikit dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang gula meja atau madu. Inilah alasan mengapa gula aren dapat membantu menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil daripada jenis pemanis lainnya.

Jadi, mengonsumsi gula ini tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis.  

2. Membantu mengembalikan energi tubuh

Senyawa karbohidrat yang terdapat dalamnya bisa tubuh cerna lebih cepat daripada gula putih. Itulah sebabnya, mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman, bisa memberimu dorongan energi di awal hari.

3. Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula jenis ini mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien. 

Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

4. Meningkatkan produksi sel darah merah

Gula aren dapat membantu peningkatan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi berkat vitamin B dalam gula ini meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, penelitian masih perlu untuk memastikan manfaat gula aren pada peningkatan sel darah merah.

5. Mengangkat kulit mati

Gula menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat kulit mati melalui proses eksfoliasi. Salah satunya adalah gula aren.

Kamu bisa gunakan gula aren yang bentuk bubuk untuk kamu campurkan pada minyak kelapa hingga membentuk pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang kering untuk menggosoknya.

6. Pemanis alami

Gula aren menjadi salah satu pemanis alami yang baik untuk kamu campurkan pada minuman kesukaan. Jadi, tidak ada salahnya mencobanya untuk menambahkan kelezatan pada minuman.

PDAM Makassar