kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

5 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Saffron sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman herbal ini populer sebagai obat sarampa atau Exanthema Subitum atau disebut Roseola Infantum (sixth disease). Tanaman herbal ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Bugis Makassar dengan sebutan kasumba turate

Bunga saffron merupakan rempah-rempah yang berasal dari bunga Crovus sativus atau bunga pacar. Bunga pacar memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa yang baik untuk kesehatan seperti protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C.

Pemprov Sulsel

Dilansir dari Hellosehat.com, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran melakukan penelitian yang hasilnya, masyarakat sudah menggunakan saffron sebagai pengobatan tradisional sejak zaman kuno.

Bukan hanya populer di masyarakat Bugis Makassar, kasumba turate (Saffron) ternyata juga populer sebagai resep obat tradisional China dan Yunani. 

Berikut beberapa manfaat kasumba turate bagi kesehatan;

1. Menangkal radikal bebas

Saffron mengandung berbagai komponen antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

2. Membantu pengobatan penyakit diabetes

Ada penelitian menunjukkan kasumba turate (saffron) dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin, sehingga dapat membantu pengobatan pada pasien diabetes. 

3. Membantu pengobatan kanker

Kasumba turate mengandung antioksidan meliputi crocin, crocetin, saranal, dan kaempferol. Diketahui, kandungan crocin dan crocetin di dalam saffron dapat mengurangi penyakit kronis, salah satunya kanker.

Dalam sebuah penelitian, menyatakan bahwa kasumba turate (saffron) dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Selain itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi.

4. Mengurangi gejala PMS

Untuk mencegah dan meminimalisir efek nyeri, cemas, demam dan pusing kamu dapat mengonsumsi 30 gram kasumba turate atau bisa juga hanya menghirup bunga saffron selama 20 menit akan membantu kamu mengurangi gejala PMS sebab menurunkan kadar hormon stres kortisol.

5. Membantu meringankan alzaimer

Pada sebuah studi terhadap penderita penyakit Alzheimer, konsumsi kasumba turate sebanyak 15 mg sebanyak dua kali sehari dapat meningkatkan fungsi kognitif yang cukup signifikan.

Itu tadi lima manfaat kasumba turate, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan ke dokter terlebih dahulu yah. 

PDAM Makassar