kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

5 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kayu manis atau Cinnamomum merupakan sejenis pohon yang menghasilkan rempah. Tanaman ini masuk dalam jenis rempah yang berasal dari bagian dalam kulit yang kering dengan aroma yang kuat, pedas, dan manis.

Dimana, masyarakat memanfaatkan rempah ini dalam makanan bakar manis, anggur panas, dan medis.

Pemprov Sulsel

Selain itu, masyarakat juga memanfaatkan rempah ini sebagai suplemen untuk banyak masalah kesehatan. Misalnya, perut kembung, jantung, kulit, dan radang sendi.

Dilansir dari halodoc, kayu manis memiliki banyak nutrisi seperti karbohidrat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, hingga vitamin. Selain itu, tanaman ini juga mengandung kolin, beta karoten, alfa karoten,

Berikut khasiat rebusan kayu manis bagi kesehatan :

1. Menurunkan berat badan

Kandungan dalam kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, tanaman herbal ini bisa meningkatkan thermogenesis (produksi panas tubuh) hingga 20 persen. Dengan kata lain, tanaman ini dapat membantu membakar lebih banyak kalori. 

Selain itu, rempah-rempah dengan aroma khas ini juga bisa mengurangi nafsu makan dan membantu tubuh lebih mudah mencerna lemak dan karbohidrat. Alhasil, proses ini akan mencegah nutrisi tersimpan sebagai lemak.

2. Meredakan kram menstruasi

Bagi wanita yang sering mengalami kram saat menstruasi, cobalah minum satu cangkir air rebusan kayu manis secara teratur setiap hari. Sifat antispasmodik (antikejang atau kontraksi) pada rempah satu ini efektif mengurangi rasa sakit yang muncul akibat menstruasi.

3. Mengatasi kista ovarium

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal yang menyebabkan tumbuhnya kista kecil pada bagian luar ovarium yang tengah mengalami pembengkakan. Untuk mengurangi ukuran kista, kamu bisa mengonsumsi minuman sehat ini. Selain itu,  tanaman ini juga membantu membuat siklus menstruasi lebih teratur.

4. Mengatasi masalah lambung

Tak ketinggalan, tanaman herbal ini juga efektif meredakan gejala gastritis atau peradangan dinding lambung. Namun, pengidapnya juga perlu menghindari makanan pedas, berlemak, berminyak, dan asupan kafein yang berlebihan.

Tak hanya kayu manis, kamu juga bisa memanfaatkan akar manis atau licorice untuk mengatasi masalah lambung.

5. Melindungi tubuh dari kanker

Secara keseluruhan, buktinya terbatas pada penelitian tabung reaksi dan hewan, yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat melindungi dari kanker. 

Namun, secara garis besar, tanaman herbal ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor. Proses tersebut menjadi racun bagi sel kanker dan menyebabkan kematian sel. 

PDAM Makassar