kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

5 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Asam Urat

banner 468x60

KabarMakassar.com — Penyakit asam urat mengganggu aktivitas, jika penyakit ini tiba-tiba melanda penderita akan merasakan gejala nyeri, bengkak dan rasa panas pada persendian tubuh mulai dari ujung kaki sampai ke pangkal paha. 

Biasanya, penyebab timbulnya asam urat diakibatkan oleh faktor usia, riwayat keluarga, konsumsi obat-obatan, minum terlalu banyak alkohol, mengonsumsi makanan manis, mandi malam, konsumsi makanan tidak sehat, dan kondisi kesehatan lainnya.

Pemprov Sulsel

Terkena penyakit nyeri sendi ini mengakibatkan pembatasan konsumsi makanan, bahkan beberapa makanan berikut akan membuat penggemarnya harus berhenti mengonsumsi atau mengurangi porsi agar penyakit asam urat tidak kambuh. Adapun makanan yang dimaksud, antara lain :

1. Daging dan jeroan 
Mengonsumsi terlalu banyak jenis daging seperti daging unggas, sapi, kambing, atau babi akan menyebabkan kambuhnya asam urat. Ini dikarenakan kandungan purin dalam daging. Termasuk jeroan, Anda harus membatasi mengonsumsi makanan seperti Coto Makassar, konro, sop saudara dengan porsi yang berlebihan. 

2. Makanan laut 
Jika Anda sering mengonsumsi hidangan ikan bakar (asap), sebaiknya tidak dengan ikan jenis seperti ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), ikan tenggiri. Bahkan udang, kepiting, lobster, dan tiram pun harus Anda waspadai untuk dikonsumsi. Jika tidak, asam urat akan kembali menyerang persendian Anda. 

3. Bir 
Meski kandungan alkohol dalam bir masih terbilang rendah, namun sebaiknya Anda berhenti mengonsumsinya agar rasa nyeri asam urat tidak kambuh dan mengganggu aktivitas Anda. 

4. Gula 
Kadar gula yang berlebihan dalam makanan atau minuman harus tetap diperhatikan, agar Anda tidak terkena asam urat juga penyakit lain seperti diabetes dan obesitas. Konsumsi buah segar untuk menggantikan kadar gula makanan yang Anda konsumsi. 

5. Sayuran 
Jika diketahui mengonsumsi sayuran memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ada juga sayuran yang dapat memicu munculnya asam urat di antaranya, bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur. 

Namun, menurut penelitian yang dikutip alodokter.com, mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, artinya risiko terkena gout atau serangan ulangannya tidak meningkat.

Meski begitu, disarankan untuk tetap membatasi jumlah yang masuk ke dalam tubuh Anda. 

PDAM Makassar