kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

3 Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Raih Emas dalam Event Phisics

banner 468x60

KabarMakassar.com — 3 Mahasiswa jurusan Fisika UIN Alauddin makassar meraih medali emas dalam lomba KTI mahasiswa pada Event Physics complex and Open House IX yang diadakan di Universitas Syiah Kuala Aceh secara hybrid pada 2-3 Oktober 2023 lalu.

Mereka mengajukan KTI dengan judul “Pengaruh Buffer Fosfat terhadap produksi listrik ramah lingkungan dengan teknologi MFC guna mencapai net zero emission”.

Pemprov Sulsel

Salah satu perwakilan lomba, Tri Gunawan Musa menjelaskan bahwa karya yang mereka masukkan adalah hasil pengembangan penelitian pada lomba sebelumnya yang tanpa menggunakan buffer fosfat untuk bisa memaksimlkan energi listrik yang dihasilkan.

"Jadi tantangannya pada saat mereka buat ulang reaktor dan rangkaian listriknya  harus benar-benar  sama dengan penelitian sebelumnya hanya saja ditambah itu buffer fosfat supaya mendapat 2 data yaitu tanpa penambahan buffer dan dengan penambahan sehingga bisa kita bandingkan apakah berpengaruh baik atau tidak", ungkapnya, Rabu (11/10)

Ia pun merasa sangat bangga dan bahagia atas kerja kerasnya yang membuahkan medali emas.

“kesannya bahagia karena rasa capek saat pengambilan data bisa terbayarkan dengan mendapat juara, pesannya jika kita gagal maka yg dirubah strateginya jangan langsung mimpinya yang dirubah padahal masih ada strategi selanjutnya", pungkasnya. (Rezha).

PDAM Makassar