kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

20 Jemaah Embarkasi Makassar Wafat di Arab Saudi, 9 dari Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Sebanyak 20 jemaah haji Embarkasi Makassar wafat di Arab Saudi dimana 9 diantaranya merupakan jemaah asal Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berdasarkan data resmi yang diterima dari Humas Kanwil Kemenag Sulsel, Mawardi Siradj sebanyak 20 jemaah tersebut wafat dalam rentang waktu per 5 Mei hingga 01 Juli 2023.

Pemprov Sulsel

20 jemaah tersebut terdiri dari 13 jemaah Laki-laki dan 7 jemaah perempuan dimana merupakan 9 jemaah asal Sulawesi Selatan, 1 jemaah asal Sulawesi Tenggara, 2 jemaah asal Sulawesi Barat, 4 jemaah Maluku Utara, 1 jemaah Gorontalo, 1 jemaah Papua dan 2 jemaah Papua Barat.

Adapun 9 jemaah asal Sulawesi Selatan yakni almarhum Laupe Baco Cido (73) asal Kabupaten Bulukumba, Muhammad Jafar Malawakkang Siama (58) dan Burhan Nais Ibrahim Musa (74) asal Kabupaten Gowa, Mari Mantereng Nawo (73) asal Kabupaten Luwu, Dullah Berahima Senneng (96) dan Ihali Bandung Lagogo (98) asal Kabupaten Wajo, Nurmi Pate Mane (73) asal Kota Makassar, Saharia Sidang Daggang (56) asal Kabupaten Jeneponto dan Burhanuddin Abdullah Abbas (63) asal Kabupaten Pinrang.

Adapun rata-rata penyebab wafatnya 20 jemaah tersebut diakibatkan dari penyakit bawaan yang diderita seperti respiratory disease, septic shock, cardiogenic shock hingga cardiovascular disease.

Selain itu, mengingat para almarhum dan almarhumah merupakan jemaah lanjut usia (lansia) yang rentan dengan kondisi fisik yang melemah.

Adapun para jemaah yang wafat telah diurus oleh para petugas dan dimakamkan di pemakaman Baqi, Sharae, dan pemakaman Al-Sharayie Mekkah.

Diketahui, Embarkasi Haji Makassar memberangkatkan CJH dari 8 Provinsi di Indonesia Timur dengan total jemaah sebanyak 16.713 dimana 30 persen diantaranya merupakan jemaah haji lansia.

"Memang haji tahun ini tema nya adalah haji ramah lansia karena beberapa tahun pandemi covid-19 jemaah diatas 65 tahun tidak diberangkatkan, sekitar 30 persen CJH lansia yang berangkat tahun ini," ungkap Petugas Haji Embarkasi Makassar, Amiruddin, Jumat (16/06).

PDAM Makassar