kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

10 Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba

banner 468x60

KabarMakassar.com — Makassar adalah ibu kota provinsi sulawesi selatan yang terkenal degan kuliner khasnya.ada banyak sekali makanan khas makassar populer yang wajib di coba oleh para wisatawan ketika berkunjung ke kota makassar.

Karena kota makassar  juga unggul akan wisata pantai dan dataran tingginya ini memiliki beragam jenis kuliner menarik yang sayang dilewatkan.

Pemprov Sulsel

Nah menu apa saja yang bisa disantap saat berada di Makassar? Berikut menu rekomendasi makanan khas makassar yaitu:

1.Coto Makassar

Coto Makassar atau coto Mangkasara adalah sup yang isiannya terdiri dari daging, aneka jeroan sapi, dan bumbu rempah yang dimasak cukup lama.

Uniknya, pembuatan kuah coto menggunakan air cucian beras. Cita rasa kuah coto Makassar ini gurih dan berempah. Biasanya coto disantap dengan ketupat, lontong, atau bisa juga nasi

2.Pallubasa

Kamu bisa menikmati lezatnya kuliner khas Kota Makassar yakni Pallubasa. Layaknya coto Makassar yang lebih terkenal, pallubasa juga berbahan dasar daging.

Tetapi dari segi memasak berbeda. Jeroan untukpallubasa direbus dalam waktu yang lama. Setelah matang, jeroan dan daging diiris dan dihidangkan dalam mangkuk.

Perbedaan lainnya pada kuah pallubasa ditambahkan kelapa parut yang telah disangrai sehingga kuahnya menjadi kental dan gurih, aromanya pun karena santan lebih kental dan serbuk kelapa yang menyatu dengan kuah.

3.Mi titi

Mi titi adalah sajian mi kuning kering khas Makassar yang disiram dengan kuah kental campuran tepung kanji.

Untuk menambah cita rasa gurih dari mi dan kuah kental, mi titi disajikan bersama irisan daging ayam, sapi, dan aneka seafood serta sayuran sebagai pelengkapnya.

4.Pisang epe

Pisang epe merupakan makanan manis berbahan pisang kepok yang dipanggang di atas bara api. Disebut pisang epe, karena cara mengolah pisangnya dijepit di antara dua bilah kayu.

Setelah matang, pisangnya akan disiram saus gula aren dan parutan kelapa. Rasanya perpaduan manis, gurih, dan cocok dijadikan camilan atau teman minum kopi.

5.Kapurung

Makanan khas Makassar selanjutnya ada kapurung atau pugalu, yaitu bakso dari tepung sagu yang dimakan dengan kuah saus kacang.

Hidangan kapurung juga biasa ditambahkan dengan aneka sayuran hijau atau protein seperti daging ayam, sapi, dan aneka seafood.

6.Bebek palekko

Bebek palekko adalah olahan daging itik dengan cita rasa gurih pedas yang dimasak dengan aneka rempah. Tumisan daging bebek ini dimasak cukup lama sampai kuahnya menyusut.

Di sejumlah rumah makan Makassar, menu bebek palekko ini dijual dengan harga terjangkau sekitar Rp20 ribu

7.Sop saudara

Sop saudara adalah nama makanan sejenis sup yang diambil dari sebuah warung legendaris di Makassar, yang sudah berdiri sejak 1957.

Bentuk sop saudara ini mirip soto daging dengan kuah kental, sedangkan isinya ada potongan daging, bihun, telur, dan dimakan bersama perkedel kentang.

8.Songkolo

Songkolo adalah makanan yang terbuat dari beras ketan hitam dibungkus daun pisang, kemudian dipanggang di atas bara api.

Di Makassar, songkolo banyak ditemukan di pasar jajanan pagi hari. Makanan ini biasa disantap bersama telur asin atau dicocol sambal cabai keriting.

9.Pallu Mara

Makanan khas Makassar berikutnya ada pallu mara yaitu masakan kepala ikan yang sup kuah kuning dari kunyit.

Masakan satu banyak digemari karena rasanya segar dan gurih. Pallu mara biasa dibuat dengan bahan ikan bandeng atau jenis ikan lain.

10.Sup konro

Sup konro adalah hidangan sup iga sapi khas Makassar yang disajikan dengan kuah keruh berbahan keluak serta aneka rempah-rempah segar.

Selain dihidangkan dalam bentuk sup atau berkuah, ada juga menu konro bakar yang rasanya tidak kalah enak untuk memanjakan lidah Anda. (Irsan).

PDAM Makassar