News

Nasu Palekko, Kuliner Super Pedas khas Sulawesi

Nasu Palekko, Kuliner Super Pedas khas Sulawesi

Kabar Makassar --- Ada begitu banyak sajian kuliner yang ada di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan, salah satu diantaranya yaitu Nasu Palekko. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang sangat banyak penikmatnya, kuliner dengan ciri khas rasa pedasnya yang menendang menjadi salah satu tantangan bagi penikmat masakan pedas.

Sangat sering terjadi saat menyantap Nasu Palekko, wajah menjadi kemerahan, bibir dower dan mandi keringat. Bagi penikmat makanan pedas, ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi mereka, semakin pedas semakin terasa nikmat makanannya dan tentunya semakin berkeringat juga.

Nasu Palekko bahannya sangat mudah ditemukan dan praktis dalam proses pembuatannya. Adapun bahan utama makanan ini tentunya Itik atau Ayam, beserta bumbu-bumbunya yaitu bawang merah dan putih, merica, jahe, cabai dan garam.

Dalam proses pembuatan Nasu Palekko ini terlebih dahulumencincang kecil daging Itik atau Ayam lalu kemudian mencucinya menggunakan asam jawa secukupnya agar bau amisnya hilang. Dan jangan lupa untuk bumbunya, terlebih dahulu bumbu kita campurkan menjadi satu dan dihaluskan jika ingin yang super pedas tambahkan cabai sesuai dengan keinginan.

Tuang minyak ke dalam wajan secukupnya lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya, setelah itu masukkan daging Itik atau ayamnya. Beri air sedikit lalu aduk hingga bumbunya meresap kedalam daging. Tunggu sampai air menyusut dan matang lalu angkat dan sajikan. Nasu Palekko sangat nikmat jika disajikan bersama Nasi Putih. Selamat Mencoba.

Penulis: Fitriyani Akbar
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya

Unjuk Rasa Pengungsi Rohingya

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close