Napak Tilas Pendekar dari Sawitto

Lasinrang Pendekar dari Sawitto

Kabar Makassar– Beberapa jalan di Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, memang banyak menggunakan nama pahlawan Sulsel yang memperjuangkan kemerdekaan pada zaman penjajahan Belanda.

Salah satunya adalah Lasinrang, pahlawan yang dikenal sebagai pendekar dari Sawitto. Warga Makassar mungkin tak asing lagi dengan jalan Lasinrang yang terkenal dengan jajanan khas Sulsel seperti jalankote.

Namun, tak banyak yang mengetahui makna dibalik nama jalan tersebut karena kurangnya pengetahuan dan rasa inin tahu dari masyarakat Sulsel.

Baca juga :   Alita Karen, Membantu Sesama Berkat Amanah Orangtua

Lansinrang adalah salah satu pejuang dari suku bugis yang berasal dari Pindrang. Ia juga adalah seorang pemimpin pemuda tanah Assatuang Sawitto (setara dengan kerajaan kecil atau kasuwuyang) yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

Lahir di Desa Dolangan, Pindrang pada tahun 1856 dan wafat di tahun 1936. Dalam lembaran sejarah, Lasinrang adalah salah seorang pejuang yangn sulit dikalahkan Belanda selama masa penjajahannya.

Baca juga :   Sosok Anci Laricci

Namun kerana taktik keji dari Belanda yang menyandera ayah, Addatuang dan ibunya, I Makkanyuma membuat Lasinrang menyerah.

Dalam mengenang jasa jasa Lasinrang, warga Pindrang mengabadikan namanya disetiap sudut kota sebagai nama jalan, gedung olahraga, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Bahkan patung Lasinrang berbulu emas berdiri tegak dipuasat Kota Pindrang yang berjarak sekira 185 kiometer dari Kota Makassar.(Berbagai Sumber)

Baca juga :   Perjalanan Karir Lurah Mariso, dari Bulukumba Hijrah ke Makassar

[divider sc_id=”sc362801799578″]divider-3[/divider]