Momentum Hari Guru, Ini Kata Ketua Dewan Pendidikan Sulsel

Kabar Makassar — Hari Guru Nasional yang diperingati pada tanggal 25 November adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru.

Momentum ini menjadi perhatian banyak khalayak. Tidak terkecuali Ketua Dewan Pendidikan Sulawesi Selatan Dr. Adi Suryadi Culla

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Universitas Hasanuddin Makassar ini,  Hari Guru Nasional (HGN) 2017 yang diperingati serentak pada hari ini seharusnya di letakkan sebagai momentum refleksi dan instrospeksi bagi siapa pun, untuk menghargai peran guru sebagai soko guru pencerdasan bangsa.

Baca juga :   Pejabat Kedubes Australia Ini Tolak Cukur Kumis

Selain itu, masyarakat dan pemerintah semestinya memberikan dukungan dan penghargaan yang layak kepada para guru atas peran mereka mendidik generasi bangsa. Melalui dunia pendidikan keberlangsungan generasi pada masa depan dipersiapkan, dan semua itu ditentukan oleh jasa para guru.

Karena hal yang memprihatinkan apabila peran guru yang mulia itu tidak dihargai oleh masyarakat. Terjadinya kekerasan terhadap profesi guru, pengabaian terhadap nasib profesi mereka, tentu tidak bisa dipahami akal sehat.

Baca juga :   Fenomena Anak Jalanan di Makassar

“Itulah sebabnya perlindungan terhadap profesi guru, dan perhatian terhadap kesejahteraan mereka terutama oleh pemerintah, sepatutnya diberikan secara maksimal,” kata Adi Suryadi Culla saat ditemui redaksi KabarMakassar.com Sabtu 25 November 2017.

Selanjutnya, hari guru seharusnya tidak hanya menjadi peristiwa ritual setiap tahun dan berlalu begitu saja. Tetapi, mesti dimaknai sebagai suatu moment pemahaman, kepedulian, dan apresiasi terhadap peran vital guru, dalam transmisi ilmu pengetahuan dan membangun karakter generasi muda.

“Maka dengan perannya yang vital itu pula, guru harus selalu terberdayakan, membenahi diri, dan melalui perhatian pemerintah dengan terus pula meningkatjan kualitasnya sebagai langkah penting menuju pendidikan yang berkualitas dan masyarakat yang berkelanjutan ke depan,” tutupnya. (*/nck)

Baca juga :   Jebolan Indonesian Idol Asal Makassar Ini Suarakan Aksi Kamisan

Penulis : Suharlim Syamsuddin