Modernisasi RPH, Pemprov Siapkan Dana 10 M

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. (IST)

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siapkan dana sebesar Rp 10 milyar untuk moderenisasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal ini diungkapkan oleh Wakil gubernur Sulawesi Selatan saat dijumpai di lobi Kantor Gubernur Sulsel.

“Kita ada anggaran sekitar 10 miliar, dari kementerian Insya Allah mudah-mudahan kita dibantu ada 3 miliar,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Modernisasi RPH ini direncanakan terealisasi tahun ini, sehingga RPH itu benar-benar representatif untuk dioperasikan. Modernisasi ini rencananya akan dilakukan secara bertahap.

“Tapi ini bertahap. Baru tahap pertama akan dikerjakan karena sesuai dengan waktu yang terbatas. Ini juga ada proses untuk pengalihan untuk dibangun konstruksi itu harus di bawah kendali kota dulu. Jadi setelah dari kota, kita masuk untuk konstruksi,” jelasnya.

Menurutnya pemprov akan kembali mengadakan pertemuan untuk membahas terkait evaluasi design. Dimana nantinya RPH yang modern ini akan memberikan. Kemudahan dalam mengakomodir pengusaha untuk mengetahui pembagian ternak miliknya.

“Bagaimana RPH nya untuk memberikan fasilitas ke mereka (pengusaha). Nanti akan terakomodir dan jelas di mana kepala sapi, di mana jeroan, di mana kulitnya, di mana dagingnya. Ini sistem sudah terakomodir di dalam,”terangnya.

Diharapkan dengan moderenisasi RPH ini masyarakat dapat menikmati daging tanpa perlu takut terkait halal dan kebersihan dari daging yang dibeli di tempat ini.

“Makanya revitalisasi ini mengandung 4 unsur. ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal). Jangan sampai ASU ( Aman Sehat Utuh) saja, tapi tidak halal,” tutupnya.

Pembangunan RPH ini adalah sharing dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kota. Lokasi yang ada sekarang luasan 6,2 hektar.

Reporter :

Editor :

Herlin

Prisatno Panji Latief

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI