News

MICE, Salah satu Strategi Menangkap Peluang Wisatawan

MICE, Salah satu Strategi Menangkap Peluang Wisatawan

Kabar Makassar-- Sosialisasi Destinasi Mice (Meeting, Incentive, Convention, dan Exihibition) oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, di Hotel The Rinra Makassar, Kamis 14 September 2017.

Deputi Bidang Pengembangan, Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti menyampaikan bahwa Makassar adalah tempat kedua pelakasanaan MICE dan akan dilanjutkan ke kota Yogyakarta.

"Kenapa Mice, karena melalui MICE ini itu dipandang sangat strategis untuk menangkap peluang peluang dan potensi wisatawan, yang secara internasional sangat besar jumlahnya, dan jumlahnya itu bisa mencapai sekitar 300 persen," kata Esthy.

Selain itu, MICE ini juga dapat mengelolah dan mendorong kujungan wisatawan ke Indonesia tapi hal ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah tetapi juga diperlukan dukungan dari semua pihak.

Termasuk juga pemerintah daerah untuk bersama sama memikirkan dan mengkonsepnya secara maksimal.

"Saat ini kan dukungan pemerintah pusat dalam upaya pemasaran dan brending wisata Indonesia sudah cukup besar, tinggal bagaimana mengemasnya agar lebih menarik wisatawan untuk datang berkunjung," jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa keterlibatan masyarakat khususnya yang berada di sekitaran area wisata harus ditingkatkan agar sejalan dengan peningkatan kesejahteraan mereka.

Senada akan hal itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan, Yulianus menambahkan, khusus untuk wilayah Sulsel. Kondisi paiwisata dalam satu dekade cukup mengalami peningkatan yang signifikan.

Apalagi hal itu ditunjang dengan hadirnya berbagai even skala nasional dan internasional yang sering di gelar oleh pemerintah.

"Di Sulsel kita punya banyak dastinasi wisata, salah satu daerahnya itu Toraja. Dan yang mendongkrak kunujungan wisatawan mancanegara ke Sulsel adalah perhelatan Lovely Desember in Toraja yang digagas oleh Gubernur Sulsel," imbuhnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya. Kunjungan Wisatawan dari tahun ke tahun di Sulsel terus meningkat, dan itu tidak hanya terjadi di Toraja tapi juga terlihat di daerah lain di Sulsel.

Seperti misalnya kota Makassar dengan berbagi even yang mendatangkan banyak wisatawan, sejalan dengan adanya berbagi even yang diadakan oleh pemerintah pertumbuhan hotel dan restoranpun kian banyak.

Tidak hanya itu, pembangunan kawan Center Point of Indonesia (CPI) juga dapat menjadai daya tarik baru bagi wisatawan.

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close