Mengenal Sosok Penerima Pin Emas HUT Makassar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar — Joko Budi Jaya telah dinobatkan Pemerintah Kota Makassar sebagai tokoh yang telah berperan aktif dalam pengembangan pariwisata kreatif bidang perhotelan di Kota Makassar.

Sekertaris Umum Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M) ini memperoleh sebuah pin emas yang disematkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar Ke-410 di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis 9 November 2017.

Pria yang menjabat sebagai General Manager Hotel Aston Makassar aktif dalam berbagai kegiatan kepariwisataan baik yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun institusi swasta dan industri pariwisata di Kota Makassar.

Wakil Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Sulawesi ini cukup aktif dalam kegiatan kepariwisataan dan industri kreatif di Kota Makassar termasuk mengambil tanggung jawab sebagai Ketua Panitia Makassar Great Sale (MGS) 2017. Kegiatan yang harus melibatkan seluruh pelaku industri pariwisata se-Sulawesi ini, cukup menguras tenaganya di tengah kesibukannya yang cukup padat.

Mantan Chief Accounting Hotel Sedona Makassar ini juga cukup aktif memberikan perhatian generasi milenial di Kota Makassar. Hal ini terlihat dari keterlibatannya menjadi salah satu pelopor pembentukan Makassar Tourism Community atau dikenal dengan MATIC.

Joko yang terlibat bersama Andi Ilham Mattalatta, Didi Leonard Manaba, Anggiat Sinaga dan sejumlah tokoh lainnya cukup aktif memberikan dukungan bagi generasi pelanjut tokoh-tokoh tourism muda asal Makassar ini.

Selain itu, pria murah senyum ini cukup dikenal di kalangan jurnalis desk ekonomi dan entertainment. Setiap ada aktifitas maupun kegiatan kepariwisataan, sosoknya cukup akrab dan terbuka berkomunikasi dengan rekan-rekan media.

Sosok leadership pria ini di industri perhotelan Kota Makassar telah berhasil membawa Kota Makassar sebagai hotel pertama di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi dapur halal tourism dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dari lima industri pariwisata yang telah masuk dalam nominasi Halal Tourism yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata RI, sosoknya telah membawa Aston Makassar sebagai hotel yang berkomitmen menggusung fasilitas dapur halal bagi wisatawan muslim dan timur tengah.

Profil Singkat

Pria kelahiran Malang ini memulai karier saat menjadi Banquet Daily worker di Hotel Regent Park Malang. Dirinya sempat merasa sulit beradaptasi dengan dunia hospitality dan sedikit bingung. Akhirnya mamilih pindah kerja di salah satu perusahaan rokok terbesar di Jawa Timur

Perusahaan rokok yang ketika itu membangun hotel yang cukup megah dengan fasilitas air panas di daerah Tretes/Prigen. Dirinya yang dianggap pernah bekerja di hotel, akhirnya kembali terjun ke dunia itu. Walaupun masih belum tahu apa – apa, akhirnya dirinya aktif bekerja di Surya Hotel & Cottages Prigen itu.

Memulai jadi waiter/pelayanan restaurant, kemudian menjajaki menjadi kasir restaurant, jadi tukang tagih/atau account receivable keliling kota, dan akhirnya menduduki jabatan sebagai income auditor

Pindah dari satu kota ke kota lain sampai akhirnya menjadi salah satu Chief Accounting di Shangri-La Hotel Surabaya, disinilah jiwa entrepraunership, managerial dan leadership pria ini mulai ditempa.

Selepas dari Shangril – la Hotel Surabaya dengan jabatan terakhir sebagai chief accounting, akhirnya mencoba peruntungan pindah pulau yang di tuju adalah pulau Sulawesi Selatan tepatnya di Makassar dan bertandang di Hotel Sedona Makassar, yang pada saat tahun 2001 adalah satu-satunya hotel berbintang lima dengan chain international di bumi Anging Mammiri .

Kemampuannya kembali teruji, ketika Joko menjabat sebagai Finance Manager dan Finance Controller di luar pulau jawa. Dengan karakter lingkungan yang berbeda menjadi tantangan tersendiri yang pada akhirnya selama lima tahun sosok ini mencoba berbagai posisi mulai dari jaman Hotel Sedona Makassar hingga berubah menjadi Imperial Aryaduta Hotel Makassar

Dari Finance Manager di promosi menjadi Finance Controller dan berhubung jiwa operasional lebih merasuk maka jabatan Executive Assistant Manager saya ambil dan untuk kemudian mengantarkan saya menjadi General Manager

Untuk mengasah dunia perhotelan dengan posisi sebagai orang nomor satu dihotel, maka Kota Balikpapan menjadi tujuan selanjutnya dengan karakter lingkungan dan kota yang berbeda dan selama empat tahun memimpin Blue Sky Hotel Balikpapan.

Keingintahuan akan dunia perhotelan terutama yang change hotel mengantarkan dirinya untuk kembali ke Makassar dan bergabung dengan Aston Makassar Hotel & Convention Center

“Banyak hal yang harus di pelajari dan banyak ilmu yang harus di kuasai untuk menjadi seorang General Manager yang baik. Tidak hanya berbekal ilmu dan pengalaman. Jiwa entrepreneurship, entertainment dan solidaritas perlu dikuasai dalam industri ini,” kata dia.

Biodata :

Nama : Joko Budi Jaya, SE. CHA

Pendidikan :

  • SMA Negeri 2 Malang
  • Diploma 2 Management di Institute Pembangunan Surabaya
  • Diploma 1 Bahasa di Universitas 45 Surabaya
  • S1 Management Keuangan STIE Pelita Buana Makassar
  • Certified Hotel Administrator AHLEI

Pengalaman Kerja :

  • Food & Beverage, Cost Control, Income Auditor, Account Receivable & Chief Accounting Surya Hotel and Cottages Prigen (April 1990 s/d tahun 1995)
  • Income Auditor, Account Receivable & Chief Accounting Hotel Shangril-La Surabaya (May 1995 s/d Tahun 2001)
  • Finance Manager Hotel Sedona Makassar (Juni 2001 s/d July 2003)
  • Finance Controller Hotel Imperial Aryaduta Makassar (August 2003 s/d tahun 2005)
  • Executive Assisten Manager Hotel Aryaduta Makassar (January 2007 s/d April 2008)
  • Finance Controller Aryaduta Hotel & Country Club Karawaci (September 2005 s/d Desember 2006)
  • General Manager Hotel Aryaduta Makassar (May 2008 s/d December 2009)
  • General Manager Hotel Blue Sky Balikpapan (Januari 2010 s/d December 2013)
  • General Manager Aston Makassar Hotel & Convention Center (January 2014 s/d sekarang)

Pengalaman Organisasi :

  • Komite Umum Kelembagaan, Perijinan & Legal IHGMA Chapter Sulawesi
  • Sekertaris Umum Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M)

[divider sc_id=”sc507494311245″]divider-3[/divider]

[team layout=”3″ staff=”6082″ sc_id=”sc1423968760859″]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.