News

Mengejar Puncak Klasemen, PSM Ingin Curi Poin di Bali

Mengejar Puncak Klasemen, PSM Ingin Curi Poin di Bali

Kabar Makassar --- Tim PSM Makassar berupaya mendapatkan poin di dua laga sisa paruh musim Liga 1 Indonesia. Jelang putaran kedua tim berjuluk "Juku eja" ini berharap untuk bisa memuncaki klasemen sementara Liga 1. Diketahui dua laga yang akan dihadapi PSM Makassar di laga tandang yakni Bali United dan Madura United.

Dua klub tersebut yang kini membayangi tim PSM Makassar dipapan atas klasemen Liga 1, tak mau juga kehilangan poin dikandang sendiri. Untuk diketahui jika PSM Makassar sebelumnya akan
bertandang pada Minggu 23 Juli 2107 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, dan melanjutkan laga tandangnya melawan tim pemuncak klasemen sementara yakni Madura United pada Sabtu 29 Juli 2019 di Stadion Gelora Bangkalan Madura.

Mencuri poin didua laga sisa putaran pertama Liga 1 sangatlah berat bagi tim PSM Makassar dimana skuat asuhan Robert Rene Albert saat ini masih butuh pemulihan dan masih ada yang belum bisa dimainkan karena mendapatkan hukuman atau sanksi dari PSSI diantaranya Hamka Hamzah dan pemain asing asal Perancis Steven Paulle yang saat ini didera cedera kaki.

Berikut pemain PSM Makassar yang belum maksimal untuk dimainkan kontra dengan Bali United
diantaranya;
1. Hamka Hamzah, posisi Bek (Sanksi dua kali bertanding).
2. Steven Paulle, posisi Bek (Cedera pada kaki).
3. Ridwan Tawainella, posisi gelandang (pemulihan dari cedera).
4. Rasyid Bakrie, posisi gelandang (cedera 6 bulan)

Meski demikian juru taktik PSM Makassar tak ambil pusing dan menyiapkan pemain "marquee player" yang kini sudah bisa dimainkan pasca terkena akumulasi kartu kuning yakni, Wiljan Pluim.

Diketahui jika pemain ini menjadi kunci pengatur serangan PSM Makassar. Sekedar diketahui saat pemain asal Belanda tersebut tak dimainkan melawan Barito Putra di kandang terlihat Marc Klok kesulitan dan seolah bermain sendiri dan sulit menembus barisan pertahanan lawan.

Penantian Pluim juga bisa membuktikan PSM Makassar bisa merebut poin dikandang lawan dan kembali sebagai pemuncak klasemen paruh musim di Liga 1 Indonesia. "Kita kehilangan lima pilar, bayangkan saja jika Barcelona, Manchester United tak punya lima pilar, sehebat apapun pasti tak bisa memberikan penampilan terbaik bagi klubnya," ujar Coach Robert yang berkilah saat beberapa pemainnya tak bisa bermain melawan Barito Putra.

Sekedar diketahui jika PSM Makassar saat melawan Barito Putra tak dapat memainkan lima pemain pilarnya yakni Wiljam Pluim, Rizky Pellu, Reva Adi Utama (akumulasi kartu), Steven Paulle (cedera), dan Hamka Hamzah (sanksi larangan dua kali tampil). Hal tersebut menjadi tantangan Robert yang harus memasukkan beberapa pemain mudanya dan juga bebrapa pemain yang bermain bukan pada posisinya.

Bahkan untuk mencuri poin di laga tandang pekan ke-16, juru taktik PSM Makassar melakukan kreasi di lini depan hingga ke belakang. Tak heran tiba-tiba seorang striker digiring pelatih asal Belanda tersebut menjadi gelandang, dialah Reinaldo yang ditarik mundur dan memberikan kesempatan Ferdinan sebagai striker tunggal. Alhasil Ferdinan mampu membuktikan sumbangan gol untuk PSM Makassar meski berakhir seri 1-1 pada pekan ke-15 lalu.

PSM Makassar berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dibawah Madura United yang juga sama mengoleksi poin 28. Sementara Bali United memiliki 26 poin dan bertengger di posisi ke-5.

1. MADURA UNITED, bermain 15 kali. Poin 28
2. PSM MAKASSAR, bermain 15 kali, Poin 28
3. PERSIPURA JAYAPURA, bermain 15 kali, poin 27
4. BHAYANGKARA FC, bermain 15 kali, poin 27
5. BALI UNITED, bermain 15 kali, poin 26.

Rotasi pemain juga bakal diubah pelatih 62 tahun tersebut, dan berikut prediksi susunan pemain PSM kontra Bali United di pekan ke-16.

Kiper: Rivky Mokodompit

Bek: Ardan Aras, Steven Paulle, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama.

Tengah: Marc Klok, Wiljan Pluim, M Arfan, Gozali Siregar.

Depan: Ferdinan Sinaga, Reinaldo elias Da Costa.

Formasi : 4-4-2.

Foto: Fritz W

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: