News

Mendadak, Bosowa Semen Tes Urine Pengemudi Truk Mallomo

Mendadak, Bosowa Semen Tes Urine Pengemudi Truk Mallomo

Kabar Makassar, Maros -- Ratusan pengemudi PT Mallomo Transporindo, anak perusahaan Bosowa Semen mengikuti tes urine, Kamis, 3 Agustus 2017 kemarin di kantor PT Mallomo, desa Baruga kecamatan Bantimurung. Tes urine ini bekerjasama dengan BNNP Sulsel.

Direktur PT Mallomo, Kadarusmin mengatakan tes urine ini sebagai bentuk keseriusan managemen terhadap realisasi Undang-Undang No 35 tahun 2009 terkait kewajiban masyarakat menjalani tes NAPZA.

“Di periode berkala, kami memang memeriksa kesehatan para pengemudi kami yaitu medical check up. Kebetulan kali ini berupa tes urine, dan BNNP Sulsel sangat kooperatif dalam pelaksanaannya di kantor kami. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kami akan tes seluruh pengemudi namun melalui beberapa tahap dan bersifat mendadak,” ujarnya.

Ia menambahkan tes urine ini adalah upaya awal untuk pengemudi agar tidak mencoba-coba narkoba, serta meminimalkan risiko yang diakibatkan oleh penggunaan narkoba.

Kepala Seksi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel, Ishak Iskandar mengapresiasi setinggi-tingginya bagi manajemen Bosowa Semen, khususnya bagi Driver Management PT Mallomo yang berinisiatif menggelar tes ini. Ia mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap keselamatan pengemudi, bukan untuk perusahaan sendiri.

“Kalau mereka jatuh sakit karena narkoba, perusahaan sendiri yang repot karena tidak bisa bekerja produktif. Makanya perusahaan ini menggagas, kita berikan apresiasi sehingga semoga juga perusahaan yang lain mencontohi. Bosowa memiliki manajemen moderen, yang terobosannya sangat baik, kesadarannya sangat baik. Apalagi saat ini Indonesia dalam keadaan darurat narkoba, ini bentuk kepedulian kita bagi negara,” ujarnya.

Di hadapan para sopir, ia pun memaparkan jika bekerja dengan mengonsumsi narkoba adalah stigma yang keliru. Apalagi sampai meningkatkan stamina. Ia pun menegaskan bahwa narkoba dan zat adiktif lainnya tidak ada gunanya. Sebab narkoba yang berguna adalah dari sisi medis untuk membantu pengobatan pada pasien dan bersifat legal.

Pengemudi PT Mallomo, Amal Hamsah mengaku tidak kaget dengan tes dadakan yang digelar manajemen. Sebab ia salah satu pencetus ide sehingga tes ini dilakukan. Sebagai yang dituakan di kalangan pengemudi, ia mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Harapannya setelah tes ini para pengemudi dapat lebih menjaga kesehatan mereka dan menghindari narkoba agar lebih efektif bekerja, serta wujud dalam menjaga nama baik perusahaan.(*)

Penulis: Mute
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close